Nadiem Kaji Wacana Penghapusan Ujian Nasional

628

Jakarta (WartaBromo.com) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memiliki satu gebrakan baru dalam dunia pendidikan. Ujian Nasional rencananya bakal dihapus.

“Itu (penghapusan UN, red) yang sedang kami kaji,” ujar Nadiem dinukil dari sejumlah media.

Terkait perkembangan mengkaji penghapusan UN, Nadiem meminta warga untuk bersabar. Ia enggan menjabarkan lebih lanjut terkait penghapusan UN ini. Sebab ada juga beberapa hal yang sedang jadi fokus Kemdikbud. Diantaranya terkait penyederhanaan kurikulum.

“Dari situ harus adanya penyederhanaan dari sisi kurikulum maupun asesmen agar beralih kepada yang sifatnya yang lebih kompetensi dan bukan saja menghafal informasi. Itu suatu perubahan yang akan kita terapkan dan kita sempurnakan,” lanjut Nadiem.

Ditambah lagi soal arahan Presiden Jokowi terkait menciptakan link and match antara sistem pendidikan juga dunia industri. Ada beberapa terobosan yang rencananya juga akan dilakukan.

“Untuk mencapai itu, ada beberapa hal yang satunya adalah deregulasi dan debirokratisasi dari semua instansi unit pendidikan. Makanya platformnya yang kami sebutkan itu merdeka belajar,” terangnya.

Terakhir, Nadiem mengatakan bakal meningkatkan SDM pengajar di semua jenjang pendidikan. Hal tersebut yang nantinya bakal mengarah untuk penyederhanaan hidup pendidik. (may/ono)