Lantik 11 Kades, Bupati Probolinggo Sitir Ayat 224 Al-Baqarah

1033

Probolinggo (wartabromo.com) – Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari, melantik 11 Calon Kepala Desa (Cakades) terpilih pada Pilkades serentak tahun 2019 pada Senin, 16 Desember 2019. Dalam pelantikan di Pendopo Kabupaten Probolinggo, Jalan A. Yani Kota Probolinggo itu, ia menyitir ayat 224 Surat Al-Baqarah.

“Janganlah kamu jadikan nama Allah dalam sumpahmu sebagai penghalang untuk berbuat kebajikan, bertakwa dan mengadakan islah di antara manusia dan Allah maha mendengar lagi Maha Mengetahui,” kata Bupati Tantri mengawali pelantikan.

Dengan menyitir ayat 224 Surat Al-Baqarah tersebut, Tantri berharap para kepala desa (Kades) yang sudah dilantik untuk segera melakukan rekonsiliasi dengan lawan dalam Pilkades lalu.

Tujuannya, agar pembangunan di desa dapat dilakukan dengan baik. Tidak membeda-bedakan pelayanan terhadap masyarakat, apakah pendukung dan bukan pendukung, semuanya memiliki hak yang sama dalam pelayanan publik.

Hal penting lainnya adalah tetap menjaga amanah berupa jabatan yang disandangnya sebagai pemimpin desa.

“Yang ingin saya titipkan kepada kepala desa yang hari ini telah dilantik, bahwa harus kita sadar dan sandarkan bahwa semua yang kita lalui takdir dan kehendak Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jabatan adalah amanah yang akan kita pertanggugjawabkan, baik secara hukum negara maupun di akhirat. Maka dari itu sandarkan semuanya untuk niatan ibadah,” ujarnya.

Bupati Probolinggo 2 periode itu menambahkan, desa saat ini sudah bukan menjadi obyek pembangunan. Tapi telah menjadi subjek pembangunan.

Kades, menurutnya, memiliki wewenang untuk mengembangkan pembangunan desa melalui seluruh potensi yang ada.

“Segera pahami dan belajar tentang apa dan bagaimana mengembangkan potensi desa. Agar desa yang dipimpin dapat bersaing secara baik,” imbuh Bupati Probolinggo.

Meski demikian ia tetap mengingatkan, agar Kades segera menyesuaikan diri dan mempelajari seluruh ketentuan dan aturan tentang desa.

“Sehingga setiap kebijakan publik yang dikeluarkan akan sesuai ketentuan yang berlaku. Komunikasi, sinergi dan kolaborasi penting dilakukan bersama seluruh elemen masyarakat yang ada,” tandas istri Hasan Aminuddin itu.

Adapun 11 Kades yang dilantik adalah sebagai berikut daftarnya :

  1. Kades Kecik, Kecamatan Besuk, Sholeh.
  2. Kades Matekan, Kecamatan Besuk, Danny Dilla Arifin.
  3. Kades Krampilan, Kecamatan Besuk, Asmail.
  4. Kades Petunjungan, Kecamatan Paiton, Agus Herwanto.
  5. Kades Jabung Sisir, Kecamatan Paiton, Hosen.
  6. Kades Bulu, Kecamatan Kraksaan, Dimas Eko Romadhoni.
  7. Kades Rondokuning, Kecamatan Kraksaan, Abd. Rahim.
  8. Kades Brumbungan Kidul, Kecamatan Maron, Muji Ali.
  9. Kades Tarokan, Kecamatan Banyuanyar, Mohamad Yadi.
  10. Kades Clarak, Kecamatan Leces, Imam Hidayat.
  11. Kades Boto, Kecamatan Kumbang, Budi Santoso.

(saw/saw)