Sudah Dipetakan, Ini Daerah Rawan Banjir di Kabupaten Pasuruan

2128

Pasuruan (WartaBromo.com) – Jelang musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan siaga terjadinya longsor dan banjir. Setidaknya ada 10 wilayah yang masuk dalam titik rawan bencana.

Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII menyatakan, kalan Nasional di Kabupaten Pasuruan jadi titik rawan banjir. Pemetaan ini dilakukan menyusul adanya liburan Natal dan Tahun Baru.

Bakti Jati Permana, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan mengungkapkan, pihaknya telah melakukan persiapan untuk menghadapi hal tersebut.

“Kita dapat dari BMKG kalau puncak turun hujan Januari-Maret. Kita sudah apel kesiapsiagaan sejak Awal Desember kemarin,” jelasnya pada Kamis (19/12/2019) saat dihubungi via selular.

Baca juga : Hati-hati! Jalan Nasional Pasuruan dan Lumajang Rawan Longsor dan Banjir

Baca Juga :   Hilang Dua Hari, Jasad Nelayan Asal Kalirejo Ditemukan Mengapung di Laut

Setidaknya ada 10 wilayah di Kabupaten Pasuruan yang masuk dalam daerah rawan bencana. Wilayah tersebut yakni Gempol, Beji, Bangil, Kraton, Pohjentrek, Rejoso, Grati, Winongan, Gondang Wetan dan Nguling.

“Bencananya banjir. Kita sudah ada grup edukasi deteksi dini untuk warga. Misal di satu wilayah, jika hujan dengan intensitas tertentu lebih dari 2 jam nanti bakal banjir. Warga sudah paham hal tersebut dan hal-hal yang bisa dilakukan,” lanjutnya.

Dari deteksi dini tersebut juga diketahui beberapa daerah rawan banjir dengan masa surut lebih lama atau sebentar. Hal tersebut juga menjadi acuan BPBD untuk melakukan antisipasi bencana.

Salah satunya dengan mendirikan posko bencana di beberapa wilayah. Di antaranya di Kalirejo, Bangil; Tambakrejo, Kraton; dan Kedawung Kulon, Grati.

Baca Juga :   Anggaran THR untuk Ribuan ASN Pemkot Pasuruan Sebesar Rp13,6 Miliar

“Di sana ada dari pihak BPBD dan relawan baik dari Kecamatan maupun CSR. Sementara untuk alat berat ada di Bina Marga dan Pengairan. Nanti kalau kita membutuhkan, baru kita call mereka,” tutup Bakti. (may/ono)