Dihantam Hujan Angin, Pohon di Kemiri Sewu Tumbang

616

Pandaan (WartaBromo.com) – Sebuah pohon tumbang di jalan raya Pandaan-Bangil, Kabupaten Pasuruan, Minggu (22/12/2019). Meski tak ada korban jiwa, pohon tumbang berimbas pada terganggunya arus lalulintas.

Peristiwa tersebut diperkirakan antara pukul 14.00-14.15 WIB, ketika hujan deras mengguyur wilayah Kemiri Sewu, Kecamatan Pandaan.

Oskar, salah seorang warga yang mengetahui tumbangnya pohon mengatakan, saat kejadian tidak ada seorang pun yang melintas. “Terdengar suara bruk, saya kira apa ternyata pohon tumbang,” ungkapnya.

Peristiwa itu sempat membuat perjalanannya terhenti, beberapa saat. Tapi setelah lokasi pohon tumbang sudah ramai dikerumuni warga, ia pun mulai melanjutkan perjalanan.

“Tadi saya dari arah Pandaan mau berangkat kerja ke Bangil, terus tahu ada pohon tumbang ini. Untung saja gak ada orang,” jelasnya.

Karuan saja, batang pohon Sonokeling yang menutup seluruh bahu jalan menimbulkan kemacetan. Setidaknya pengendara tak bisa melintas selama lebih 2,5 jam.

Kendaraan roda 4 tidak dapat melintas. Lain halnya dengan kendaraan roda 2, mereka masih bisa melalui jalan samping lokasi pohon tumbang tersebut.

Mereka yang melintasi jalan itu harus berjalan dengan hati-hati. Dikarenakan jalan yang berlumpur dan licin.

Tak hanya mengganggu lalulintas, batang kayu yang roboh itu juga menimpa kabel telepon.

Evakuasi telah dilakukan oleh BPBD bersama petugas Damkar kabupaten Pasuruan. Menggunakan gergaji mesin dan alat bantu lainnya, pohon tumbang sudah dibersihkan.

Kuat dugaan pohon yang tumbuh di pinggir jalan itu lapiuk dan tak mampu menahan guyuran hujan. Terlebih angin saat itu juga terbilang berhembus kencang sehingga pohon mudah saja tumbang.

Dari pantauan, kini lalu lintas jalan Kemiri Sewu terlihat mulai normal kembali.

Sampai saat ini BPBD juga masih melakukan pendataan, kemungkinan terdapat pohon tumbang di tempat lain wilayah Kabupaten Pasuruan.

(trn/ono)