Akhir Tahun, Isu Hoaks Masih Marak Hantui Warganet

3990

Pasuruan (WartaBromo.com) – Menuju pergantian tahun, berbagai isu hoaks masih beredar di sosial media. Isu ini beredar di Facebook hingga WhatsApp.

Berdasar Laporan harian yang dirangkum Kementerian Kominfo pada Minggu (29/12/2019), ada 10 isu hoaks yang menghantui warga net. Info ini beredar di dunia maya, bahkan dibagikan oleh warganet.

  1. Penampakan Naga Raksasa

Beredar foto yang diklaim merupakan naga raksasa dengan ukuran 120 meter. Naga ini ada di sepanjang jalan, lalu dikerubungi warga.

Foto tersebut dinyatakan hoaks oleh Kominfo, karena merupakan hasil dari edit gambar dengan software Photoshop.

  1. SMS Pemenang Shoppe Birthday Sale

Kiriman pesan dengan atas nama sebuah layanan masih beredar di masyarakat. Salah satunya mengatasnamakan Shopee Birthday 12.12 dengan klaim menang undian Rp150 juta.

Pesan tersebut diklaim hoaks oleh Shopee, karena pihaknya tidak pernah menghubungi pemenang menggunakan nomor pribadi.

  1. Direktur Keuangan Jiwasraya Mantu Moeldoko

Hebohnya pemberitaan mengenai Jiwasraya, juga diselingi dengan kabar palsu. Pada media Facebook teriring kabar jika Direktur Keuangan Jiwasraya ada mantu dari Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko.

Hal ini kemudian ditepis, sebab Moeldoko mengaku jika tak memiliki hubungan keluarga dengan Hary Prasetyo, Mantan Direktur Keuangan Jiwasraya.

  1. Tentara Malaysia Siap Diterjunkan ke Palestina

Masih dari media sosial Facebook, kali ini ada link youtube berjudul “Demi Lindungi Al-Aqsa… Tentara Malaysia Siap Diterjunkan ke Palestina”

Setelah ditelusuri, Kominfo menemukan jika video tersebut bukan prajurit Malaysia, melainkan prajurit komando Filipina. Ada pula foto sunitngan tentara Kemerdekaan Malaysia pada 2013 yang disertakan dalam video.

  1. Hendrik Lokbere Seorang Sopir yang Ditembak Aparat

Lagi-lagi di Facebook. Kali ini pengunggah melampirkan link mengenai sopir yang ditembak aparat.

Hasilnya, kabar ini dintarkan hoaks. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengungkap jika tidak ada ajudan atau sopir Wakil Bupati Nduga yang ditembak aparat, baik polisi maupun tentara.

  1. Kakek Etinis Uighur Disiksa Tentara Komunis China

Sebuah foto kakek yang seperti disiksa, beredar di Facebook. Kakek ini diklaim merupakan etnis Uighur yang disiksa Tentara Komunis China.

Terungkap, gambar ini bohong, karena kakek tersebut yakni Shigeo Tokuda. Ia merupakan aktor Film Dewasa yang dikenal dengan nama Kakek Sugiono.

  1. Berita meninggalnya penyanyi Henny Purwonegoro

Henny Purwonegoro (70) dikabarkan meninggal pada Sabtu (28/12/2019). Kabar ini hoaks setelah salah satu kerabat Henny mengungkap jika penyanyi era 70-an ini sehat walafiat.

  1. SMKN 12 Jakarta Utara tidak pajang foto Presiden

Beberapa hari terakhir, sebuah foto kelas milik SMKN 12 Jakut terlihat hanya memasang foto Wakil Presiden. Sementara foto Presiden Joko Widodo tidak terpasang. Hal ini kemudian ramai diperbincangkan di dunia maya.

Hasilnya, kabar tersebut tidak sepenuhnya benar. Pihak SMKN 12 mengatakan jika pigura foto presiden sempat pecah karena renovasi sekolah, sehingga foto diturunkan sementara. Saat ini foto Jokowi sudah terpajang kembali.

  1. Anak George W. Bush Masuk Islam

Kali ini kabar tak benar beredar melalui YouTube. Dalam video tersebut dikatakan jika putri Presiden Amerika Serikat ke 43 masuk Islam.

Hasil penelusuran mengungkapkan jika video tersebut bukan anak perempuan Bush, melainkan warga Rumania yang masuk Islam, dan telah terunggah sejak 2014 lalu.

  1. Penyiksaan oleh Komunis Terhadap Muslim Uighur

Baru-baru ini beredar tagar #SaveUyghur dan #IndonesiaStandsWithUyghur. Dalam tagar tersebut beredar berbagai kabar diantaranya video puluhan pria dewasa yang dikurung dalam kerangkeng kayu. Video ini disertai narasi “komunis Bangsat”.

Video tersebut ternyata tidak ada hubungannya dengan isu Uighur. Melainkan video proses pelatihan perekrutan unit komando pasukan Elit Malaysia.

Tak hanya itu, video ini juga pernah digunakan untuk isu hoaks dengan klaimpenyiksaan terhadap muslim Burma. (may/ono)