Tiang Listrik Patah Diterjang Angin Kencang

959

Probolinggo (wartabromo.com) – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Probolinggo, tak hanya berdampak pada pohon tumbang saja. Tiang listrik PLN juga patah setelah tertimpa dahan pohon.

Tiang listrik patah itu berada di Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, tepatnya di areal makam randu. Tiang ini patah setelah tertimpa dahan pohon berusia ratusan tahun di areal makam. Akibatnya, jaringan listrik di kawasan tersebut masih terputus hingga saat ini.

Kepala PLN Rayon Probolinggo, Ghery Gerhadi mengatakan, saat ini teknisi dari PLN masih melakukan perbaikan pada tiang yang patah.

“Akibat cuaca ekstrem kemarin 1 tiang listrik patah. Saat ini 5 regu di lokasi lakukan perbaikan, agar jaringan listrik segera normal,” ujarnya, Sabtu (4/1/2020).

Ghery bilang, seringnya cuaca ekstrem hujan deras dan angin kencang terjadi di wilayah Probolinggo, membuat petugas di lapangan bekerja ekstra. Karena selain melakukan perawatan, petugas juga bersiaga lakukan perbaikan saat terjadi kerusakan akibat bencana.

“Saat cuaca ekstrem, listrik otomatis mati jika ada yang menyentuh jaringan. Karena bagian dari proteksi pengamanan sistem, terhadap lingkungan dan peralatan. Jika jalur listrik tetap menyala, dikhawatirkan pohon atau benda lain yang menempel dialiri arus listrik, berbahaya jika tersentuh,” tandasnya. (lai/saw)