Warga Tiris Lecehkan Presiden Jokowi

10900

Pajarakan (wartabromo.com) – Lewat akun facebook, pria berinisial A melecehkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Bupati Probolinggo. Warga Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo itu pun, diamankan oleh Satreskrim Polres Probolinggo pada Selasa, 7 Januari 2020.

Melalui akun facebook bernama Pulang Kelana, A menulis kata-kata tak pantas. Seperti ‘Ternyata punya preseden Jokowi Kayak t***i J***ok J***n k***ng jokowi’. Kemudian ada lagi postingan ‘Saya gk takut sama siapapun Bupati Probolinggo c***ook m***it A***ng b***i b***b ng***t’.

Tulisan itu, ia unggah di grup Pasar Bawang Merah Probolinggo.
Unggahan tersebut beredar luas dan diketahui oleh Satreskrim Polres Probolinggo. Petugas lantas menciduk A di rumahnya pada Selasa siang.
Meski yang bersangkutan kemudian menghapus postingan yang dibuatnya.

“Usai kami menerima kabar itu, langsung kami kerahkan anggota dan sekarang orang itu sudah diamankan. Seorang yang melakukan pelecehan pada Presiden RI dan Bupati Probolinggo itu,” ungkap Kasat Reskrim Polres Probolinggo, AKP. Riski Santoso, Rabu, 8 Januari 2020.

A kini menjalani pemeriksaan intensif di Satreskrim. Polisi juga belum menaikkan status A menjadi tersangka. Karena di media sosial, ada kemungkinan akun tersebut diretas oleh pihak lain yang kemudian menggunggah komentar tersebut.

Jika dalam penyelidikan ditemukan unsur kesengajaan oleh A, maka bisa dipastikan akan dijerat dengan UU ITE. Termasuk motif apa yang mendasarinya mengunggah tulisan itu.

“Belum kami tetapkan tersangka. Hanya terduga pelaku saja. Karena belum bisa dipastikan dia yang melakukannya, atau ada orang lain. Hingga saat ini masih kami dalami. Kalau memang benar, akan kami klarifikasi apa yang membuatnya, melakukan demikian,” ujar pria asal Surabaya ini. (cho/saw)