Hujan Deras, Jalanan Kota Tergenang dan Pohon Tumbang

504

Probolinggo (wartabromo.com) – Hujan deras yang melanda kawasan Kota Probolinggo, menyisakan genangan dan pohon tumbang. Tak hanya di wilayah kota, di jalur pantura Probolinggo – Pasuruan juga ada pohon tumbang.

Pohon tumbang, terjadi di pertigaan Perum Asabri, tepatnya di jalan Gubernur Suryo dan Maramis. Pohon waru yang berada tepat di sisi utara pertigaan, roboh. Melintang di tengah jalan.

“Saya berteduh di dekat gerai ATM sebelah barat pohon, tiba-tiba roboh begitu saja, saat hujan deras sekitar pukul 18.00 tadi, Nyaris mengenai pengendara motor dari barat ke timur,” ujar salah satu saksi, Rijal, Selasa (14/1/2020).

Karena melintangi jalan, seorang sopir pikup langsung menghentikan kendaraan tak jauh dari pohon waru yang tumbang. “Tadi pas di depan saya waktu roboh, beruntung masih sempat mengerem,” kata sopir pikap, Sulaiman.

Kejadian ini, sudah dilaporkan warga ke instansi terkait. Untuk segera ditindak lanjuti. Tak lama berselang, petugas dari BPBD dan Tagana datang.

“Sudah kami minta bantuan pasukan. Segera datang dengan gergaji mesin dan perlengkapan lainnya,” kata petugas BPBD, Ryan.

Sementara itu, akibat hujan deras selama hampir dua jam lebih, mengakibatkan sejumlah ruas jalan tergenang. Di antaranya, di tikungan jalan Pahlawan ke barat jalan Soekarno Hatta, jalan Ahmad Yani, jalan Juanda, Jalan Arif Rahman Hakim dan Jalan Brantas.

“Banyak kejadian, kami membagi pasukan ke beberapa tempat,” kata Bidang Kepala Data dan Informasi Tagana Kota Probolinggo, Ahmadi.

Pohon tumbang, juga terjadi di ruas pantura Probolinggo – Pasuruan. Tepatnya di dekat pabrik air minum dalam kemasan di Desa Banjarsari, Sumberasih Kabupaten Probolinggo. (lai/saw)