5 Hal yang Tak Boleh Diabaikan dalam Kartu Undangan Pernikahan

2682
Foto : New Print HRG

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kartu undangan pernikahan tentu harus dibuat secara optimal. Pasalnya, kartu tersebut adalah representasi acara akad dan resepsi Anda serta pasangan yang bakal berlangsung pada hari H. Meski begitu, perlu diingat bahwa tak hanya undangan pernikahan saja yang harus dipikirkan.

Anda telah menemukan tempat pernikahan yang sempurna dan memilih tanggal terbaik untuk hari besar tersebut. Rencana pun telah dibuat dan momen sakral itu segera tiba. Sekarang, saatnya Anda mengirimkan undangan pernikahan untuk diberikan pada orang-orang terdekat.

Saat konsep undangan pernikahan telah rampung, ada baiknya Anda memeriksa ulang beberapa elemen. Bagaimanapun, sejumlah kekurangan harus diminimalisir guna memberikan kesan yang baik pada calon hadirin. Catat, ini 5 hal yang harus ada dalam kartu undangan pernikahan!

5 Hal Penting dalam Kartu Undangan Pernikahan

  1. Tema dan Informasi yang Sesuai

Undangan pernikahan wajib menyertakan nama pasangan, tanggal, waktu dan tempat di mana akad serta resepsi akan berlangsung. Jangan lupa, gambarkan setidaknya sedikit tema pernikahan lewat konsep desain yang mendukung. Jika ada dress code, jangan pula diabaikan.

Pastikan untuk menampilkan tema serta informasi sesuai keinginan Anda dan pasangan. Rencana tersebut harus dibicarakan sejak awal agar tidak menyesal di akhir. Selebihnya, penyesuaian tema berdasarkan konsep tertentu bisa Anda lihat lewat referensi yang tersebar di internet.

  1. RSVP Pernikahan

Bagi Anda yang ingin memastikan jumlah tamu sejak awal, mencantumkan RSVP pernikahan hukumnya wajib. Keberadaan RSVP berfungsi untuk mendata apakah tamu akan hadir atau tidak. Ia bisa terpisah atau sebagai bagian dari paket undangan pernikahan Anda.

Beberapa acara pernikahan memang sengaja membatasi kehadiran tamu guna mengejar nuansa intim. Jika hal ini merupakan agenda Anda, maka RSVP harus dicantumkan. Selain masalah keintiman, penghematan dana juga menjadi alasan adanya RSVP dalam undangan.

  1. Detail Rinci Acara

Kartu undangan wajib berisi semua informasi tentang resepsi pernikahan yang Anda inginkan untuk diketahui para tamu. Detail untuk disertakan adalah sebagai berikut:

– Tanggal dan waktu

– Jenis acara (standing party, formal, makan malam, dll)

– Lokasi

– Petunjuk arah dan / atau peta

– Dress code

Seperti yang telah dijelaskan di atas, keberadaan informasi acara pernikahan sangatlah penting. Selain Anda dan pasangan selaku mempelai, tamu undangan juga mesti kita pastikan agar dapat mengikuti segala detail agar tidak salah kaprah.

  1. Amplop Luar atau Dalam

Amplop bagian dalam adalah pilihan yang bagus. Komponen tersebut memungkinkan Anda untuk memasukkan elemen desain lainnya sebagai pelengkap. Namun jika tidak ingin menghabiskan uang ekstra, masih ada cara lain yakni memakai amplop luar.

Ya, amplop luar diperlukan untuk memuat semua materi dalam proses pengiriman ke tamu. Amplop tersebut harus cukup kokoh untuk menampung semuanya sambil tetap mencocokkan tema. Anda bisa memilih amplop sederhana dan standar, atau yang dibuat khusus.

  1. Pemilihan Kertas Berkualitas

Ada beberapa gaya kertas berbeda untuk undangan pernikahan Anda. Tiga jenis yang paling populer adalah heavy paper, vellum dan kapas. Heavy paper secara tradisional merupakan kertas yang paling umum digunakan karena tahan lama dan kuat untuk segala kondisi.

Sementara itu, vellum biasa digunakan sebagai penutup di atas kertas yang lebih tebal dan dapat langsung dicetak. Kemudian Cotton adalah pilihan yang lebih mahal, tetapi sanggup mempertahankan keindahannya dalam waktu lama.

Itu tadi 5 hal yang wajib ada dalam undangan pernikahan Anda. Usahakan untuk tidak mengabaikan elemen di atas demi menciptakan undangan yang cantik dan elegan. (**/**)