Menko Muhadjir Usul Fatwa Baru, Orang Miskin Wajib Menikah dengan Orang Kaya

10618

Jakarta (WartaBromo.com) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan memberikan usulan fatwa baru terkait pernikahan kepada Menteri Agama. Usulannya yakni fatwa orang kaya harus menikah dengan orang miskin, begitu pun sebaliknya.

Usulan ini disampaikan Muhadjir Effendy saat rapat kerja Kesehatan Nasional. Muhadjir menyebut, konsep setara seperti yang diajarkan agama, banyak disalah tafsirkan.

“Apa yang terjadi? Orang miskin cari juga sesama miskin, akibatnya ya jadilah rumah tangga miskin baru, inilah problem di Indonesia,” jelasnya dinukil dari Tempo.

Problem ini dikuatkan data yang dikantongi Muhadjir, yakni peningkatan keluarga miskin. Setidaknya ada 5 juta keluarga miskin di Indonesia. Sementara yang terdata berstatus hampir miskin, hampir 10 juta warga.

Baca juga : Ini Alasan Menko Muhadjir Usul Fatwa Orang Miskin Wajib Menikah dengan Orang Kaya

Hal ini lah yang menurut Muhadjir harus ditanggulangi dengan pencarian calon istri atau suami.

“Yang miskin wajib cari yang kaya, yang kaya cari yang miskin,” tegasnya.

Jika semisal saran ini diterima Menteri Agama, Muhadjir optimis bisa mengurangi keluarga miskin di Indonesia. Apalagi jika program sertifikasi pra nikah sudah mulai berjalan. Usulan ini juga sudah dijalankan di Negara seperti Malaysia, Singapura hingga Korea.

“Tujuannya agar setelah menikah mereka menjadi rumah tangga yang mapan secara ekonomi,” pungkas Muhadjir. (may/ono)