Sempat Surut, Banjir di Winongan Kembali Naik pada Malam Hari

930

Winongan (WartaBromo.com) – Banjir yang menggenangi sejumlah desa di Kecamatan Winongan belum juga surut. Sempat reda, air kembali meninggi pada Rabu (19/02/2020) malam.

Ada empat desa yang diketahui terendam banjir sejak Selasa (18/02/2020). Antara lain Desa Prodo, Desa Winongan Lor, Desa Winongan Kidul, dan Desa Bandaran.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan Tectona Jati mengatakan, ketinggian air sempat turun pada Rabu (19/02/2020) pagi.

Ketika itu, air yang sebelumnya masuk dan menggenangi rumah-rumah warga sempat surut hingga setinggi mata kaki.

Namun, karena Rabu sore hujan kembali mengguyur, volume air kembali meningkat. “Sehingga malam ini naik lagi,” ujar Tecto, Rabu (19/02/2020) malam.

Baca Juga :   Pembatasan Kawasan Alun-alun Kota Pasuruan Diberlakukan Mulai Hari Ini

Pihak BPBD sendiri saat ini telah terjun ke lokasi untuk memantau situasi dan kondisi sungai Rejoso. Selain itu juga mendata dampak-dampak akibat banjir jika ada.

Untuk bantuan, Tecto menjelaskan bantuan itu secara aturan harus melihat kondisi yang ada. Ia mengatakan, bantuan baru diturunkan ketika banjir menyebabkan masyarakat tidak bisa melakukan aktivitas apapun selama 1X24 jam.

“Dari tadi malam sampai sekarang karena masih bisa, otomatis kami pantau dulu. Tapi bila nanti dirasa masyarakat kesulitan mencari makan melebihi 1X24 jam, ya kita siapkan bantuan itu,” imbuh Tecto. (tof/asd)