Pil Koplo Diduga Beredar di SMP, Begini Ciri-ciri Anak Pakai Narkoba

1868

Probolinggo (WartaBromo.com) – Peredaran obat keras berbahaya diduga telah memasuki sekolah menengan pertama. Polisi kemudian membeberkan ciri-ciri anak yang diduga mengkonsumsi obat terlarang tersebut.

Kasatnarkoba Polres Probolinggo Kota, AKP Suharsono mengungkap, ada beberapa ciri anak memakai pil koplo atau tidak. Ciri-ciri ini lah yang harus mulai dipahami oleh guru bahkan orang tua, terhadap anak-anaknya.

Kata AKP Suharsono, salah satu cirinya yakni sang anak sering menunjukkan gejala seperti sedang kebingungan. Gejala ini tak hanya timbul sekali.

“Diajak bicara juga tidak nyambung, gelisah, emosional dan jalannya terseok-seok,” jelasnya.

Selain mengetahui ciri-ciri anak yang diduga memakai pil koplo, cara yang bisa dilakukan oleh orang tua yakni memperhatikan pergaulan anak. Seperti lingkungan permainan, teman-teman dan hal apa yang biasanya dilakukan anak.

AKP Suharsono juga mengatakan, orang tua sesekali juga perlu melakukan pengecekan terhadap tas anak. Hal ini supaya orang tua tahu adakah barang mencurigakan dalam tas yang biasa digunakan anak untuk sekolah atau berpergian.

Diberitakan sebelumnya, peredaran pilkoplo diduga sudah merambah sekolah menengah pertama. Salah satunya, adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri 3, di jalan hayam wuruk, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan. Informasi ini didapatkan polisi dari laporan masyarakat. Menyikapi hal itu, pihak Satreskoba Polres Probolinggo Kota, koordinasi dengan sejumlah sekolah. (lai/may/ono)