Cuaca Ekstrem, Tol Paspro Alami Penurunan Plat Injak

1074

Sumberasih (wartabromo.com) – Hujan deras yang melanda kawasan Probolinggo beberapa hari terakhir, membuat sejumlah titik di Tol Paspro mengalami penurunan plat injak. Sejauh ini, jalur masih aman dilalui. Sementara pihak pengelola sudah menyiapkan rambu-rambu supaya pengendara berhati-hati.

Penurunan plat injak salah satunya berada di kilometer 830 +200, Jalur B arah Probolinggo – Surabaya maupun sebaliknya. Di lokasi ini, kondisi jalan mengalami penurunan permukaan mulai dari delapan sentimeter hingga 14 sentimeter.

“Penurunan plat injak tol ini akibat tergerus banjir yang terjadi di sekitar Muneng, Kecamatan Sumberasih. Karena cuaca ekstrem beberapa hari terakhir,” kata Manager Pelaksana PT. Transjawa Tol Paspro, Sukiran, Rabu (26/2/2020).

Selain di kilometer 830, kerusakan jalan tol juga terjadi di exit tol Muneng, sebanyak dua titik. Dilokasi ini sisi luar jalan tol mengalami longsor dan juga pagar pembatas ambrol akibat tergerus banjir.

Menyikapi kejadian tersebut, pihak tol paspro saat ini telah menurunkan tim survey. Untuk melakukan perbaikan jalan. “Kami perkirakan tiga hari kedepan perbaikan sudah selesai,” imbuhnya.

Sementara untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan akibat penurunan plat injak tol paspro, pihak tol telah menyiapkan sejumlah rambu-rambu. Untuk area penyempitan jalur, dengan memasang ruber cone. Agar pemilik kendaraan tidak memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi di titik tersebut.

“Selain itu kami juga mensiagakan sejumlah petugas di lokasi kerusakan. Untuk memberikan aba-aba kepada pengguna jalan agar mengurangi laju kendaraanya,” ucap Sukiran. (lai/saw)