Pohon Tumbang Tutup Rel di Rejoso, Perjalanan Dua Kereta Api Terhambat

565

Rejoso (WartaBromo.com) – Hujan dan angin kencang sebabkan sejumlah pohon di Kecamatan Rejoso tumbang menutup rel kereta api (KA). Akibatnya perjalanan KA pun sempat terhambat.

Peristiwa pohon tumbang ini diketahui terjadi pada Senin (09/03/2020) sekitar pukul 14.00 WIB setelah hujan deras disertai angin kencang mengguyur Kabupaten Pasuruan.

Humas PT KAI DAOP 9 Mahendro menyebut kereta yang terdampak peristiwa ini adalah kereta Mutiara Timur jurusan Banyuwangi-Surabaya. Kereta tersebut sempat tertahan di Stasiun Leces sambil menunggu pohon tumbang dievakuasi.

“Sekarang sudah jalan. Kurang 3 pohon. Estimasi 20 menit,” ujar Mahendro.

Selain itu, untuk kereta dari barat, menurut Mahendro, kemungkinan KA Sri Tanjung jurusan Yogyakarta-Banyuwangi yang terhambat. Sebab info sebelum peristiwa terjadi, kereta berangkat dari Stasiun Bangil.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan Dulbari menyebut ada sekitar 9 pohon yang tumbang sepanjang Jalan Raya Rejoso.

“Akar pohon tidak begitu kuat, sehingga mudah roboh saat diterjang angin,” ujarnya.

Semua pohon itu tumbang dan menutup rel KA yang ada di Kecamatan Rejoso. Pantauan WartaBromo, tidak ditemukan pohon yang tumbang menutup jalan raya, sehingga arus lalu lintas lancar.

Saat ini, BPBD Kabupaten Pasuruan, Polisi, Tagana, dan masyarakat sekitar, bergotong royong melakukan evakuasi. (tof/ono)