Demo Dewan, Kades Dobrak Pintu Ruang Rapat Sampai Jebol

5058

Bangil (WartaBromo.com) – Asosiasi Kepala Desa (AKD) se Kabupaten Pasuruan demo di kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Senin (09/03/2020). Aksi ini berlangsung ricuh dan menyebabkan pintu ruang sidang paripurna jebol.

AKD berkumpul di gedung DPRD Kabupaten Pasuruan sejak pukul 12.00 WIB. Berkumpulnya AKD di kantor dewan kali ini sebagai buntut kekesalan terhadap pernyataan Kasiman, ketua komisi 1 DPRD Kabupaten Pasuruan.

“Terkait dengan pernyataan Kasiman yang kemarin saat undang BPD. Bahwa anggaran Desa jadi seperti tumpeng dan seakan-akan diperebutkan oleh kami (AKD),” ungkap Wasis, Ketua AKD Kecamatan Grati dengan berapi-api.

Karena tak kunjung ditemui, ratusan kades tersebut akhirnya menggedor pintu ruang sidang paripurna. Padahal saat itu sidang paripurna sedang berlangsung. Pintu pun akhirnya jebol setelah ratusan kades berusaha masuk ke tempat sidang.

“Mana Kasiman, suruh keluar cepat,” teriak kepala desa tersebut.

Beruntung, sejumlah polisi telah bersiaga untuk mengamankan aksi kades ini. Sehingga meskipun pintu ruang sidang jebol, aksi tak anarkis.

Tak lama setelah itu sejumlah perwakilan dari komisi 1 mencoba untuk menenangkan AKD ini. Namun, tuntutan mereka tetap sama yakni ingin dipertemukan dengan Kasiman.

Ketua Komisi I, Kasiman kemudian menemui ratusan kades tersebut. Sayangnya, mereka tak puas dengan penjelasan yang disampaikan oleh Kasiman, dan memilih membubarkan diri, tanpa mendapatkan titik temu. (nul/may)