Hadapi Corona, Gubernur Jatim Perpanjang Libur Sekolah

10868
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat cek tempat baru di RSJ Menur, yang akan dimanfaatkan untuk penanganan medis Covid-19. Foto: IG khofifah.ip

Surabaya (WartaBromo.com) – Sebaran Covid-19 dinilai merata di seluruh kabupaten/kota wilayah Jawa Timur. Sejumlah keputusan diambil, di antaranya memperpanjang libur sekolah.

Di hadapan sejumlah wartawan, pada Minggu (22/3/20) Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan berbagai hal penting menyikapi corona.

Dari tinjauan data sebaran saat ini, ia menyatakan, seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur terdapat ODP (orang dalam pemantauan) dan PDP (pasien dalam pengawasan) terkait corona.

Sehingga ditegaskan, pemerintah berpacu lakukan penanganan lebih, mencegah kian merebaknya wabah ini.

Menyikapinya, hal yang menjadi fokus perhatian, di antaranya adalah keberadaan anak didik dan dunia pendidikan di Jawa Timur.

Untuk itu, libur sekolah di Jawa Timur diputuskan diperpanjang, terhitung sampai dengan 5 April 2020.

Sedangkan, ujian nasional (UN) SMA yang harusnya digelar 30 Maret 2020 esok, diundurnya menjadi 6 April 2020.

Status sebaran ini, membuat gubernur mengintegrasikan dinas pendidikan kabupaten/kota maupun kepala sekolah untuk bersiap bilamana dibutuhkan bertemu dengan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur.

Satu hal penting yang diutarakan Khofifah adalah memberlakukan sehari kerja di kantor dan segari di rumah bagi ASN Jawa. Yang utama lain, seorang ASN dalam bertugas selalu mengenakan masker. (ono/ono)