Nongkrong di Warkop, Warga Kota Pasuruan Disemprot Disinfektan

2577

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan bersama polisi dan TNI menggelar patroli di sejumlah warung kopi pada Senin (23/03/2020) malam. Warga yang nongkrong di warung kopi disemprot cairan disinfektan oleh tim patroli kemudian diminta membubarkan diri.

Patroli gabungan ini berangkat dari kantor Pemkot Pasuruan sekitar pukul 21.00 WIB. Rombongan mulanya berjalan ke selatan, ke warung-warung kopi yang berjajar di sekitar Stadion Untung Suropati.

Setelah dari warung di sekitar stadion, rombongan terus bergerak ke selatan ke Jalan Sunan Ampel. Kemudian menyisir warung-warung di Jalan Patiunus, dan terakhir di Pasar Kebonagung.

Pada patroli ini, masyarakat yang kedapatan tengah nongkrong di warung kopi, oleh tim patroli gabungan disemprot disinfektan seluruh tubuhnya. Mereka kemudian diminta untuk membubarkan diri.

Patroli ini berkaitan dengan antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. Mengingat begitu mudahnya virus ini menular dari satu orang ke orang lainnya, warga diimbau agar sementara tidak melakukan aktivitas kumpul-kumpul.

“Semoga kegiatan ini bisa memberikan pelajaran bagi masyarakat Kota Pasuruan akan pentingnya melakukan tindakan preventif terhadap virus corona atau Covid-19 ini,” ujar Plt Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, yang sekaligus memimpin giat patroli ini.

Sebelum patroli ini, Teno bersama Kapolres Kota Pasuruan dan Dandim menerbitkan instruksi yang mengimbau masyarakat agar sementara menunda kegiatan apapun yang bisa mengundang kerumunan massa.

Beberapa kegiatan yang dicontohkan dalam instruksi tersebut antara lain, rapat, gathering, haul, acara pernikahan, kegiatan keagamaan, dan kegiatan lain yang sejenis, sampai batas waktu yang akan ditentukan di kemudian hari.

“Demikian untuk menjadikan perhatian dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” demikian tertulis dalam instruksi tersebut. (tof/may)