Kementerian Kominfo Kembangkan Aplikasi Deteksi Corona

1107

Jakarta (Wartabromo.com) – Kementerian Komunikasi dan Informatika coba kembangkan aplikasi untuk tanggulangi pandemi Covid-19. Aplikasi ini sengaja dirancang sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus.

“Pemerintah telah menetapkan aplikasi PeduliLindungi melalui Keputusan Menteri Kominfo Nomor 171 tahun 2020 tentang Penetapan Aplikasi PeduliLindungi dalam Rangka Pelaksanaan Surveilance kesehatan pencegahan Covid-19,” tutur Johnny Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika, dinukil dari Tempo.

Dijelaskan kemudian, aplikasi yang diberi nama PeduliLindungi itu bakal menyajikan tracking atau pelacakan data paparan virus Corona 14 hari terakhir. Aplikasi juga dapat terhubung dengan operator seluler yang menghasilkan data visual.

Lantas, bagaimana cara kerja aplikasi PeduliLindungi?

Aplikasi PeduliLindungi tersedia untuk platform Android dan iOS. Jadi, pengguna dapat mengunduh aplikasi melalui AppStore atau Play Store.

Nah, Aplikasi PeduliLindungi memanfaatkan Bluetooth aktif pada ponsel pintar untuk memproduksi data berdasarkan informasi yang dibutuhkan. Saat ada ponsel lain dalam radius Bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindingi, akan ada pertukaran id anonim yang direkam perangkat masing-masing.

Meski terjadi pertukaran id, pihak aplikasi memastikan data pribadi aman. Data tersimpan dalam format enkripsi.

Setelah terjadi pertukaran id anonim, PeduliLindungi akan mengidentifikasi pengguna yang pernah berada dalam jarak dekat dengan ODP, PDP atau terkonfirmasi Covid-19. Selanjutnya, pengguna akan dihubungi petugas kesehatan apabila pernah berada di lokasi ODP, PDP atau positif Covid-19 dan dilakukan tindakan pencegahan.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut?

1. Jalankan aplikasi Peduli Lindungi, ikuti petunjuk selanjutnya dengan menekan tombol “Jadi Partisipan”;

2. Masukkan nama lengkap dan nomor handphone yang aktif. Kemudian klik tombol ‘Kirim OTP’. Tunggu sampai mendapat SMS untuk verifikasi data;

3. Pastikan aplikasi PeduliLindungi selalui dalam keadaan terbuka (open) agar dapat terus berfungsi;

4. Aplikasi ini membutuhkan Bluetooth yang selalu aktif.
Agar menghemat baterai, bisa dengan mengaktifkan fitur “Low Power Mode/Battery Saver” pada Android 5.0 ke atas. Caranya bisa melalui “Setting > Device/Perangkat” atau “Battery”. Kemudian geser tombol sampai menyala untuk mengaktifkan “Low Power Mode”. Bisa juga melalui “status bar” dengan menggulir layar dari atas ke bawah, kemudian mengaktifkan “Low Power Mode” atau “Battery Saver”.

Mudah kan? (bel/ono)