Trik Jitu Hilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

1544

Pasuruan (Wartabromo.com) – Salah satu hal yang sering dikeluhkan ketika puasa adalah mengalami bau mulut. Hal itu sering membuat seseorang tak percaya diri dalam berinteraksi.

Nah untuk mengatasinya, cara-cara berikut ini dapat dicoba.

1. Sikat gigi

Sikat gigi setelah sahur merupakan cara mudah mencegah bau mulut saat berpuasa. Mengutip detik, sikat gigi setelah sahur dapat mencegah sisa makanan tersangkut di mulut dan menyebabkan bakteri berkembang biak.

Namun, sikat gigi harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Sikatlah gigi secara menyeluruh bagian mulut dan jangan lupakan sela-sela gigi.

2. Bersihkan lidah

Selain menyikat gigi, menghilangkan bau mulut juga bisa dengan membersihkan lidah. Saat sikat gigi, memang dianjurkan untuk membersihkan lidah.

Baca Juga :   Di Kota Probolinggo, Perawatan 1 Pasien Positif Corona Capai Rp155 Juta

Pasalnya, bakteri penyebab bau mulut juga bisa berkembang biak di bagian lidah. Sebelum menggunakan pembersih lidah, pastikan alatnya sudah steril dan higienis.

3. Kumur-kumur dengan baking soda

Alternatif lain yang bisa dilakukan yakni dengan berkumur menggunakan larutan baking soda. Air yang telah ditambahkan 1/4 sendok baking soda dapat membuat mulut terasa lebih segar selama berpuasa.

Bisa juga dengan menambahkan sedikit garam dan dua sendok makan air lemon. Campuran tersebut dapat menghindarkan dari bakteri yang menyebabkan bau mulut.

4. Minum teh hijau

Selain menjaga kebersihan mulut, bisa juga dengan mengkonsumsi teh hijau. Kandungan zat antioksidan pada teh hijau mampu meruntuhkan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung zat aktif yang dapat menghilangkan plak gigi.

Baca Juga :   Mensos Risma Serahkan Bantuan Rp 30 Juta untuk Korban Banjir Bandang yang Meninggal hingga Nelayan Pasuruan hingga Probolinggo Terdampak Cuaca Buruk | Koran Online 6 Feb

5. Konsumsi buah dan sayur

Selain teh hijau, konsumsi buah dan sayur juga bisa mencegah bau mulut lho. Sebagaimana diketahui, buah dan sayur memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya mulut.

Buah dan sayur diketahui secara alami dapat melindungi gigi dari plak. Deretan buah yang dapat dikonsumsi adalah buah pir, jeruk, lemon, tomat, atau apel.

Sekarang, tidak perlu khawatir lagi tidak percaya diri karena bau mulut. Jadi, bolo tetap percaya diri berinteraksi saat Ramadan. (bel/may)