Belum Ketemu Jodoh? Ikuti Yuk Saran Ustaz Berikut

3883

Pasuruan (Wartabromo.com) – Jodoh memang rahasia dan sudah diatur Allah SWT. Tapi, sebagai manusia, haruslah tetap berusaha dan berdoa.

Tak dapat dipungkiri, bagi seorang wanita, pasti mengidamkan imam terbaik sebagai pendamping hidup. Namun terkadang, ekspektasi tak sesuai realita, atau bahkan belum menemukan yang sesuai harapan.

Mengutip kumparan, Ustaz Muhammad Azhari Nasution memberikan saran yang dapat dijadikan pegangan. Da’i muda asal Sumatera Utara ini menganjurkan untuk mengikuti doa yang dilakukan para Nabi. Ia pun mencontohkan kisah Nabi Zakaria.

Dikisahkan, Nabi Zakaria dan istrinya sudah puluhan tahun belum dikaruniai anak. Nabi Zakaria pun selalu meminta kepada Allah agar dikaruniai keturunan yang saleh. Hal itu sebagaimana diceritakan dalam Q.S Al-Anbiya:89.

وَزَكَرِيَّآ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ ۚ
Artinya, “dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: ‘Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah waris yang paling baik”

Selain Nabi Zakaria, surah lain dalam Al-Qur’an yang mengisahkan tentang Nabi Musa juga dapat dijadikan contoh. Q.S Al-Qashash: 24 menceritakan kisah Nabi Musa tengah melakukan perjalanan.

Saat di padang pasir, Nabi Musa bertemu 2 perempuan sedang menggembalakan ternak. Walaupun perjalanan cukup melelahkan, Nabi Musa tetap membantu mereka mengambilkan air untuk minum ternak itu. Lantas, Nabi Musa mencari tempat berteduh dan berdoa kepada Allah.

“Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.”

Nabi Musa percaya bahwa apapun yang Allah berikan, pasti terbaik untuknya. Begitu pula dalam mendapatkan jodoh. Usaha dan do’a harus beriringan.

Meski tak ada do’a khusus untuk mendapatkan jodoh, berdo’alah sungguh-sungguh kepada Allah dan menyerahkan semua kepada-Nya. Selain itu lakukan usaha-usaha untuk mendekatkan jodoh

Bisa dengan memperluas pergaulan. Jika ingin cepat dapat jodoh, tidak ada salahnya jika mencoba berkenalan dengan banyak orang. Tapi perlu diingat, pergaulan yang dimaksud yakni pergaulan yang sesuai dengan norma dan tuntutan agama.

Usaha lain yang dapat dipilih adalah minta dicomblangkan. Bisa meminta bantuan teman, sanak saudara atau siapa saja yang dipercaya untuk membantu. Pasalnya, jodoh bisa datang dari mana saja.

Kalau belum juga mendapatkan, tenang bolo, percayalah Allah telah menyiapkan yang terbaik untuk hamba-Nya. Kata pepatah, yang terbaik akan datang di saat yang tepat, bukan cepat. So, gak usah risau ya. (bel/may)