Minimalisir Kerumunan, 4 Pasar di Kota Pasuruan Buka Pelayanan Online

2454

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan memberlakukan kebijakan pelayanan kepada pelanggan pasar secara online. Ada 4 pasar di Kota Pasuruan yang telah menerapkan pelayanan ini.

Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan, Senaidi menjelaskan, kebijakan ini salah satu tujuannya untuk meminimalisir terjadinya kerumunan.

Mekanismenya, semua pelanggan akan dilayani oleh kurir yang sudah disiapkan. Pelanggan tinggal mengontak nomor telepon yang sudah dicantumkan atau langsung mengontak pedagang yang bersangkutan.

“Nanti petugas kami yang membelanjakan pesanannya,” kata Senaidi kepada WartaBromo, Jumat (15/05/2020).

Senada dengan Senaidi, Plt Kepala UPTD Pasar Kota Pasuruan, Ridho Wijaya mengatakan, saat ini ada 4 pasar yang sudah diberlakukan kebijakan ini, yakni Pasar Kebonagung, Pasar Besar, Pasar Karangketug, dan Pasar Gadingrejo.

Baca Juga :   Cari Perkara! Sopir MPU Perkosa Penumpangnya di Dalam Mobil, Ngakunya sih Terpengaruh Alkohol

Pasar Kebonagung, Pasar Besar, dan Pasar Karangketug dapat melayani jam 7.00 WIB sampai jam 12.00 WIB. Sementara Pasar Gadingrejo melayani jam 16.00 WIB sampai jam 00.00 WIB.

“Kebutuhan bahan pokok seperti beras, daging, ikan, sayuran, mie instan, kami layani,” kata Ridho.

Untuk jangkauan, Ridho melanjutkan, pelayanan prioritas di seputaran Kota Pasuruan. Kalaupun ada konsumen dari dari Kabupaten Pasuruan, masih dipertimbangkan selama tidak terlalu jauh, seperti Kecamatan Kraton atau Rejoso.

Ongkos kirim yang harus dikeluarkan pembeli adalah sejumlah Rp5 ribu – Rp7 ribu untuk seputaran Kota Pasuruan. Pihaknya saat ini menempatkan 8 personel untuk melayani pembeli secara online ini, mulai dari kurir, admin, dan yang bertugas belanja.

Baca Juga :   Meriah! Harlah ke-97 NU di Kabupaten Pasuruan, Ada Kirab Mobil Hias dan Pencak

“Rencananya sampai seterusnya. Tidak hanya di masa Covid-19,” pungkas Ridho. (tof/ono)