Hujan 5 Jam, 2 Kecamatan di Kota Probolinggo Dilanda Banjir

1256
Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin saat meninjau salah satu daerah yang diterjang banjir.

Probolinggo (wartabromo.com) – Hujan lebat selama 5 jam lebih mengguyur sebagian besar wilayah Kota Probolinggo. Akibatnya, 2 dari 5 kecamatan di Kota Anggur itu pada Kamis, 28 Mei 2020, kebanjiran.

Banjir dengan ketinggian hingga 1 meter merendam di pemukiman warga di Jalan Sunan Kalijaga, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan. Air banjir juga didapati terjadi di Kelurahan Sukoharjo, Kampung Dok Kelurahan Mayangan, Kecamatan Mayangan.

Selain permukiman warga, banjir juga menggenang sejumlah jalan protokol. Di antaranya Jalan Panglima Sudirman, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Pahlawan, yang masuk wilayah Kecamatan Kenigaran. Selain itu Jalan Gatot Subroto Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan pun kebanjiran.

“Intensitas hujan cukup tinggi selama 5 jam. Permukiman padat penduduk di 2 kecamatan kebanjiran,” kata Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin saat mengecek wilayah yang kebanjiran.

Dua wilayah itu, berada di sisi utara dan tengah Kota Probolinggo. Sementara kecamatan di wilayah selatan dan barat, belum ada laporan terkait banjir. Tiga wilayah yang relatif tak terjamah banjir itu, yakni Kecamatan Wonoasih, Kedopok, dan Kademangan.

“Kami cek langsung bersama dinas terkait untuk melakukan pendataan. Jika ada warga yang mengalami kerugian material, akan diberikan bantuan,” ujar politisi PKB itu.

Sejumlah personel dari BPBD dan Tagana sudah berada di lokasi rawan banjir. Tujuannya untuk mengantisipasi hujan susulan, yang bisa memungkinkan terjadi banjir.

“Kami mengimbau warga untuk lebih waspada cuaca buruk sampai 2 hari ke depan, seperti informasi yang dikeluarkan pihak BMKG,” tandas pejabat keturunan Arab itu. (lai/saw)