Sekda Bahrul Ulum Pensiun, Pj Sekda Kota Pasuruan Dilantik

1420

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pasuruan Bahrul Ulum purna tugas per 1 Juni 2020 besok. Sebagai gantinya, Pemkot melantik Rudiyanto menjadi Penjabat (Pj) Sekda.

Pelantikan ini dilakukan di ruang rapat Untung Suropati, Kantor Pemkot Pasuruan pada Minggu (31/05/2020). Jajaran Forkopimda Kota Pasuruan dan sejumlah pejabat lingkungan Pemkot Pasuruan juga terlihat hadir dalam pelantikan itu.

Penunjukkan Pj Sekda ini dilakukan dengan mekanisme, kepala daerah mengusulkan satu nama yang memenuhi persyaratan kepada Gubernur Jawa Timur maksimal 5 hari sejak Sekda pensiun.

Kemudian gubernur yang telah menerima usulan itu akan menjawab persetujuan itu 5 hari setelah diterimanya usulan. Pj Sekda ini akan bertugas selama 3 bulan.

Plt Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo menjelaskan, Pemkot selanjutnya akan melakukan pengajuan kepada gubernur untuk proses seleksi Sekda.

Menurut Teno pengajuan tersebut sudah dilakukan dan telah disetujui gubernur. Saat ini pihaknya sedang membentuk panitia seleksi (Pansel) untuk Sekda definitif.

“Dalam 3 bulan ini kita persiapkan Pansel. Tidak boleh ada kekosongan posisi Sekretaris Daerah. Oleh sebab itu kita tunjuk saudara Rudiyanto sebagai Pj Sekda dan disetujui gubernur,” kata Teno.

Untuk diketahui Rudiyanto sendiri sebelumnya menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan serta sebagai Plt Asisten 1 Pemkot Pasuruan. (tof/ono)