Bupati Probolinggo Terima Bantuan Alkes dan APD Bagi Tenaga Medis

887

Probolinggo (wartabromo.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mendapat bantuan alat kesehatan (alkes) dan alat pelindung diri (APD) dari Yayasan Rumah Kita Sidoarjo pada Selasa, 16 Juni 2020. Bantuan ini diharapkan mampu mendukung kinerja tim medis yang tergabung dalam Gugus Tugas (Gugas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo.

Bantuan itu diterima oleh Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dari Direktur Program Yayasan Rumah Kita Sidoarjo Adrianus M. Uran di rumah dinas Bupati Probolinggo di Jalan Ahmad Yani, Kota Probolinggo. Untuk Alkes berupa 2 unit ventilator.

Sementara APD berupa 5.000 masker kain, 50 APD full set, 250 face shield dan serta 250 baju hazmat. Seluruh paket merupakan hasil kerja sama dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Sampoerna Untuk Indonesia.

Bupati Probolinggo menyebut bantuan Alkes dan APD tersebut, sangat bermanfaat. Karena dibutuhkan untuk menunjang kinerja para tenaga kesehatan (Nakes) yang terus berjuang menangani pasien Covid-19.

“Ini tentu sangat bermanfaat bagi para tenaga medis kami. Terima kasih atas support yang telah diberikan Yayasan Rumah Kita dan CSR Sampoerna Untuk Indonesia,” ujar Bupati Probolinggo 2 periode tersebut.

Ventilator akan ditempatkan di rumah sakit khusus Covid-19, RSUD Tongas. Sementara untuk APD, seluruhnya akan diserahkan kepada BPBD Kabupaten Probolinggo yang mengurusi teknis pendistribusian bantuan sosial.

“Nanti juga akan disebar untuk tenaga medis di rumah sakit dan Puskesmas,” lanjut Bupati Tantri.

Direktur Yayasan Rumah Kita, Andrianus M. Uran mengatakan pihaknya melihat perkembangan peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Probolinggo yang cukup tinggi. Di sisi lain, tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 juga sangat bagus. Sehingga hal itu, menjadi salah satu pertimbangan pemberian bantuan Alkes dan APD diberikan kepada tenaga medis.

“Tenaga medis di Kabupaten Probolinggo menjadi salah satu yang perlu disupport, itu merujuk karena adanya peningkatan Covid-19,” sebut Andrianus.

Diketahui, hingga saat ini perkembangan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo mencapai 122 orang. Rinciannya 102 orang sembuh, 17 orang dalam perawatan dan 3 orang meninggal dunia.

Tingginya persentase tingkat kesembuhan kasus positif virus corona di Kabupaten Probolinggo, merupakan kerja keras Gugus Tugas Covid-19 dan tenaga medis. Di mana mereka secara tim terus bertahan melawan pandemi virus asal Wuhan tersebut.

“Kami dari Yayasan Rumah Kita bersama Sampoerna Untuk Indonesia, berharap bantuan ini paling tidak memberikan dampak perlindungan untuk tenaga yang sudah bekerja luar biasa untuk masyarakat Kabupaten Probolinggo,” tandas Adrianus. (saw/**)