Besok Kemenag Akan Gelar Rukyatul Hilal Awal Zulhijjah

930

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penetapan awal Zulhijjah 1441 H pada 21 Juli esok. Ada 4 tempat yang akan jadi lokasi rukyatul hilal di Pasuruan dan Probolinggo.

“Isbat awal Zulhijjah digelar 21 Juli 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR,” jelas Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Agus Salim dalam siaran resminya.

Setidaknya ada 84 lokasi untuk melakukan rukyatul hilal di seluruh Indonesia. Empat di antaranya ada di Pasuruan dan Probolinggo. Rinciannya yakni di LAPAN Watukosek Gempol, Kabupaten Pasuruan; Ponpes Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan; Pantai Duta Probolinggo; dan Pulau Gili Kabupaten Probolinggo.

Sementara itu, sidang isbat rencananya dibagi menjadi tiga tahap. Sesi pertama akan dimulai pada 17.00 WIB. Pada sesi ini akan dipaparkan mengenai posisi hilal Awal Zulhijjah 1441H yang didapatkan dari laporan di berbagai daerah. Kemudian sesi kedua akan dimulai setelah Maghrib, oleh Menteri Agama Fachrul Razi.

“Sesi ketiga, Menteri Agama mengumumkan hasil sidang isbat secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag,” tandasnya. (may/ono)