Deretan Amalan Sunnah Sebelum Salat Idul Adha

1728

Pasuruan (Wartabromo.com) – Besok, seluruh umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H. Ada beberapa amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum melaksanakan salat ied.

Apa saja?

1. Mengumandangkan takbir

Pada malam hari raya, disunnahkan mengumandangkan takbir di masjid-masjid, mushalla dan rumah-rumah. Dimulai dari terbenamnya matahari sampai tanggal 13 Dzulhijjah.

2. Mandi

Mandi ini dilakukan sebelum berangkat ke tempat pelaksanaan salat ied. Boleh dilakukan mulai pertengahan malam, sebelum subuh, atau sesudah waktu subuh.

Mandi ini bertujuan untuk membersihkan anggota badan dari bau yang tidak sedap, dan membuat badan menjadi segar bugar, maka mandi sebelum waktu berangkat adalah yang paling baik.

Kesunnahan mandi adalah untuk semua kaum muslimin, laki-laki maupun perempuan, baik yang akan akan berangkat melaksanakan salat ied maupun bagi perempuan yang sedang uzur syar’i sehingga tidak bisa melaksanakan shalat ied.

3. Memakai wewangian

Setelah mandi, umat muslim juga disunnahkan memakai wewangian, memotong rambut, memotong kuku, menghilangkan bau-bau yang tidak enak, untuk memperoleh keutamaan hari raya.

4. Memakai pakaian terbaik yang suci

Saat hari raya, pakaian yang dikenakan tak melulu pakaian baru. Pakailah baju terbaik yang dimiliki, dan tak lupa harus suci. Perlu diingat, bagi kaum hawa dianjurkan berdandan sederhana.

5. Menuju lokasi salat berjalan kaki

Dengan berjalan kaki, para umat muslim bisa saling bertegur sapa mengucapkan salam. Sebagaimana sabda Nabi SAW dalam riwayat dari Ibnu Umar,

كَانَ يَخْرُجُ إلَى الْعِيدِ مَاشِيًا وَيَرْجِعُ مَاشِيًا
“Rasulullah SAW berangkat untuk melaksanakan salat ied dengan berjalan kaki, begitupun ketika pulang tempat salat ied.”

Selain itu juga dianjurkan untuk berangkat lebih awal agar mendapat saf di barisan depan.

6. Tidak makan sampai pulang dari salat ied

Berbeda dengan ketika Hari Raya Idul Fitri yang disunnahkan makan ringan sebelum salat, Idul Adha justru sebaliknya. Saat Idul Adha, umat muslim dianjurkan untuk tidak makan sampai pulang dari salat ied.

Segenap keluarga besar WartaBromo mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H. (bel/may)