Siap-Siap! 1,6 Juta ASN Tenaga Administrasi Akan Diseleksi dan Dipindah ke Desa

2008
PNS (Foto untuk ilustrasi)

Jakarta (WartaBromo.com) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) berencana akan memindahkan ASN tenaga administrasi ke desa-desa. Ada sekitar 1,6 juta ASN yang rencananya akan diklasifikasikan untuk dikirim ke desa.

Tjahjo Kumolo, MenPAN RB mengatakan, ada sebanyak 4,2 juta ASN di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, 70% diantaranya yakni tenaga administrasi. Jika ditotal, ada sekira 1,6 juta ASN tenaga administrasi.

“Dalam posisi seperti ini, seringkali tenaga administrasi mengisi kekosongan tenaga-tenaga yang masih kurang di daerah pedesaan,” katanya dinukil dari Kompas.

Plt Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN-RB, Teguh Widjanarko mengungkapkan, dari jumlah tersebut tak semuanya akan dipindahkan ke desa. Melainkan akan diklasifikasi terlebih dahulu.

“Jadi 1,6 juta PNS dibagi dua, itu ada yang di daerah maupun di pusat. Kalau di pusat tetap di pusat, tapi dikembangkan untuk jabatan-jabatan fungsional yang memang dibutuhkan di pusat,” katanya.

Baca juga: Segera Cair, Segini Besaran Gaji ke 13 PNS

Teguh kemudian membeberkan ada beberapa klasifikasi ASN yang akan dipindahkan ke desa. Di antaranya tergantung pendidikan yang ditempuh ASN tersebut. Pun juga ASN tenaga administrasi di daerah yang dinilai memiliki kapasitas untuk menjadi tenaga fungsional di desa.

“Bukan dialihkan semua tapi yang punya potensi. Dicek dulu karena tenaga administrasi itu ada yang lulusannya SMA, pokoknya di bawah S1, bahkan ada juga yang di bawah SMA. Ini juga perlu kita lihat mana yang punya potensi dan mana yang tidak. Kalau yang tidak, tetap sebagai tenaga administrasi,” tandasnya. (may/ono)