Ternyata Gus Ipul Nyarkub Dulu Sebelum Daftar ke KPU

1857

Pasuruan (wartabromo.com) – Jelang pendaftarannya ke kantor KPU Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sempat berziarah alias Nyarkub ke makam para tokoh agama dan ulama besar di Pasuruan.

Ditemui disela – sela prosesi pendaftarannya, mantan wakil Gubernur Jawa Timur 2 periode itu sempat cerita jika dirinya Nyarkub dulu sebelum datang ke kantor KPU Kota Pasuruan.

Nyarkub adalah istilah yang biasa dikenal di kalangan santri Nahdliyyin yakni untuk orang – orang yang hobi berziarah ke makam para wali atau ulama besar. Mereka yang biasa berpindah pindah ziarah ke makam – makam para wali dan ulama besar biasa dipanggil dengan julukan Sarkub alias Sarjana Kuburan.

“Semalam saya ke makam Habib Alwi, ke makam pendiri Sidogiri juga, ke makam Kyai Hamid. Dilanjut sowan ke beberapa habaib dan kyai, ” ujarnya.

Sebagai catatan, kegiatan berziarah alias Nyarkub tersebut memang sering dilaksanakan oleh para politisi maupun para tokoh dalam kancah perpolitikan di Jawa Timur terutama jelang pesta demokrasi. Kebiasaan ini pun dilakukan oleh Presiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

“Sebelum sowan ke para kyai dan berziarah tadi saya sungkem dulu pada ibu, ” ucap Gus Ipul.

Tak hanya Nyarkub atau sowan kyai dan habaib, ia juga mengaku menemui Pudjo Basuki dan sejumlah tokoh di Kota Pasuruan untuk meminta restu bertarung di Pilwali Kota Pasuruan.

Saifullah Yusuf alias Gus Ipul telah resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon walikota Pasuruan berpasangan dengan Adi Wibowo ke kantor KPU Kota Pasuruan, Minggu (6/9/2020).

Pasangan Gus Ipul – Adi Wibowo ternyata menjadi pasangan yang kedua setelah sebelumnya Teno – Hasyim daftar terlebih dahulu pada Jumat (4/9/2020) lalu. (yog/yog)