Kota Pasuruan Songsong Smart City

1312

Pasuruan (Wartabromo.com) – Pemkot sampaikan kesiapan Kota Pasuruan sebagai smart city di kawasan pariwisata prioritas. Beberapa point pendukung terwujudnya Kota Pasuruan menuju smart city pun dipaparkan.

Pj. Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Anom Surahno mengungkapkan, unsur pendukung yang dimaksud antara lain, infrastruktur teknologi informasi komunikasi (TIK), infrastruktur fisik, dan infrastruktur sosial.

Dijelaskan, infrastruktur TIK meliputi akses internet terpusat (didistribusikan), ketersediaan broadband access, hingga ketersediaan jaringan 4G/3G, dan jaringan antar SKPD (instansi pemerintah).

“Infrastruktur fisik yaitu ruang server Pemerintah Kota Pasuruan berlokasi di Kantor Wali Kota Pasuruan serta infrastruktur sosial yaitu ketersediaan hotspot untuk internal pemerintah dan untuk publik Wifi Dispendukcapil, Gedung Kesenian, 34 Kelurahan, Taman Kota, GOR, Radio Ramapati, Telecenter,” ujar Anom, Kamis (1/10/2020).

Baca Juga :   Soal Smart City, Gus Ipul : Kota Pasuruan akan Belajar dari Surabaya

Sekadar diketahui, smart city merupakan konsep kota cerdas/pintar yang membantu masyarakat, dengan mengelola sumber daya yang ada secara efisien. Selain itu juga dapat memberikan informasi tepat kepada masyarakat/lembaga dalam melakukan kegiatan ataupun mengantisipasi kejadian yang tak terduga.

Smart city juga bermaksud untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di Pemerintahan Kota Pasuruan menjadi efektif, efisien, dan produktif; meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD); menciptakan hunian yang aman dan nyaman; meningkatkan daya saing sektor perdagangan industri dan jasa; serta mendatangkan investor.

Penilaian dilakukan berdasarkan indikator-indikator yang sudah ditetapkan dengan mengimplementasikan 6 elemen smart city. Mulai dari smart governance, smart living, smart society, smart economy, smart environment, hingga smart branding di daerah. Tujuannya, membuat pelayanan publik menjadi lebih mudah, murah, dan cepat.

Baca Juga :   Cegah Kasus Stunting Meningkat, Begini Strategi Pemkot Pasuruan

Di akhir pemaparannya, Anom menyampaikan komitmen kuat Pemerintah Kota Pasuruan dalam mewujudkan Kota Pasuruan sebagai smart city melalui dukungan kebijakan dan penganggaran secara kontinyu dan selalu ditingkatkan setiap tahunnya. (bel/**)