Kram Perut di Trimester Pertama, Normalkah?

959

Pasuruan (Wartabromo.com) – Kram perut sering dirasakan ibu hamil ketika trimester pertama. Tak ayal, ibu hamil pu nmencari cara meredakan kram perut yang dirasakannya.

Mengutip kumparan, kram perut pada trimester pertama kehamilan adalah hal normal. Biasanya, disebabkan adanya gas berlebih di dalam perut, konstipasi, perubahan ukuran rahim, meningkatnya aliran darah ke rahim, atau reaksi pembuahan yang tengah berproses. Kondisi ini dikenal dengan kram implantasi.

Hal tersebut merupakan situasi normal bagi ibu hamil. Namun, meski tergolong normal, kondisi tersebut akan menimbulkan rasa tidak nyaman untuk beraktivitas.

Pada kasus tertentu, kram perut di trimester pertama juga bisa dikategorikan tidak normal, bahkan ada yang menjurus ke kehamilan berisiko. Kondisi itu biasanya ditandai dengan sakit perut disertai dengan flek atau pendarahan, menggigil, muntah, demam, terasa nyeri pada punggung bawah, sakit saat buang air kecil, atau kram perut terasa sangat berat dan tak kunjung reda, hingga dapat membuat ibu hamil pingsan.

Nah, ketika kram perut kategori normal, para ibu hamil bisa meredakannya dengan beberapa hal.

1. Istirahat yang cukup ketika mulai merasa karam;
2. Berbaring pada sisi berlawan dari tempat rasa sakit;
3. Mandi air hangat;
4. Usahakan tetap rileks dan tenang;
5. Banya minum;
6. Lakukan bgerakan ringan untuk menghilangkan kram perut.

Apabila sudah disertai gejala lain, perlu untuk segera konsultasi kepada bidan atau dokter supaya mendapat penanganan khusus. (bel/ono)