Bank Jatim Apresiasi Gelaran Kacabdin Cup 2

883
APRESIATIF: Pimpinan Cabang Bank Jatim Pasuruan, Deddy Ajie Wijaya (tiga dari kanan) bersama Dr Indah Yudiani dan para karyawan menghadiri acara Kacabdin Cup 2 pada Selasa (20/10).

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kreativitas kepala sekolah, guru, dan siswa perlu terus diapresiasi. Pasalnya, munculnya inovasi pembelajaran dan kreativitas mereka biasanya dituangkan dalam berbagai lomba. Salah satunya telah digelar berbagai lomba yang diadakan Kacabdin Cup 2 se Kota/Kabupaten Pasuruan.

Lomba yang digelar selama sekitar satu bulan ini, mencapai puncaknya pada Selasa (20/10) kemarin. Puncak penganugerahan lomba Kacabdin Cup 2 diumumkan di Aula SMKN 1 Purwosari. Sebanyak 40 kepala sekolah SMA/SMK dan PKPLK (negeri dan swasta), guru pendamping. Lalu perwakilan Dunia usaha dan dunia industri, penerbit buku dan Bank Jatim turut hadir dalam acara tersebut.

SAMBUTAN: Kepala Cabdin Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Pasuruan, Dr Indah Yudiani memberikan sambutan sekaligus laporan kepada Kadispendik Provinsi Jatim melalui teleconference.

“Kacabdin Cup ini merupakan salah satu program Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Pasuruan (Kabupaten Pasuruan – Kota Pasuruan) sejak tahun 2019 dan berlanjut pada Tahun 2020 ini. Sehingga gelaran ini merupakan tahun kedua,” ujar Dr Indah Yudiani MPd, Kepala Cabdin Provinsi Jatim wilayah Pasuruan.

SANG JUARA: Para guru dan siswa yang berhasil meraih juara dalam Kacabdin Cup 2.

Kendati masa pandemi, pelaksanaan Kacabdin Cup 2 tetap terlaksana dengan baik. Menurut Indah, lomba Kacabdin Cup ke-2 ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri siswa, guru dan Kepala Sekolah. Juga untuk meningkatkan kreativitas dan sportifitas di lingkungan Pendidikan.

VIRTUAL: Penganugerahan Kacabdin Cup 2 juga bisa disaksikan secara teleconference oleh para pejabat provinsi, sekolah, dewan pendidikan dan guru yang mengakses.

Nah, dalam masa Pandemi Covid-19 ini, lomba Kacabdin Cup Ke-2 tahun 2020 bertema kan “Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19”.

Beragam lomba Kacabdin Cup ke-2 diantarnya; Lomba Website antar sekolah jenjang SMA, SMK dan PK-PLK. Lalu, Lomba Video Profil Sekolah. Lomba Fotografi antar Siswa. Lomba Fotografi antar Guru/TU. Selain itu ada juga lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Daring antar Guru. Lomba Video Baca Puisi antar siswa PK-PLK.

BERSAMA PARA JUARA: Pimpinan Bank Jatim Cabang Pasuruan, Deddy Ajie (dua dari kanan) bersama para pemenang lomba Kacabdin Cup 2 di SMKN 1 Purwosari, Selasa (20/10).

Dalam sambutannya, Dr Indah juga memanggil para pemenang Lomba GTK Creative Camp 2020 Jatim. Mereka adalah Drs. Ach. Sigit Suyani, S.ST, MT (SMKN 1 PASURUAN) yang menang dalam lomba inovasi Kepala sekolah. Lalu, Mokh. Syaiful Bakhri (SMAN 1 Gondangwetan) dalam lomba Budidaya Lintas Usaha. Dan Dian Saraswati, S.Pd (SMAS Sejahtera, Prigen) dalam lomba Urban Agriculture.

Penganugerahan lomba ini juga mendapat apresiasi dari Kepala Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Dr Ir Wahid Wahyudi. Juga para Kabid. Mulai dari Kabid SMA, Ety Prameswari. Kabid SMK Dr Kurniawan Haru Putranto dan Kabid PK-PLK, Dr Suhartono. Para pimpinan dinas Pendidikan Provinsi ini tersambung melalui saluran jarak jauh (teleconference).

Sementara itu, Pimpinan Cabang Bank Jatim Pasuruan, Deddy Ajie Wijaya mengapresiasi dari gelaran Kacabdin Cup 2 yang sukses digelar di tengah pandemic. Pihaknya selama ini juga sudah ada MoU antara Bank Jatim dengan Dinas Cabang terkait karya guru dan siswa. “Ya memang ada MoU kita dengan dinas Pendidikan terkait. Sehingga, kami juga mengapresiasi penganugerahan Kacabdin Cup 2 ini,” ujar Deddy.

Ada beberapa hal yang selama ini sudah dijalankan Bank Jatim terkait dunia Pendidikan. Pertama, tentang transfer knowledge (transfer ilmu pengetahuan). Termasuk didalamnya, kolaborasi menyelaraskan dengan kurikulum. Antara teori dengan praktek. Sehingga, antara Pendidikan dengan dunia usaha bisa link and match.

Kedua, Bank Jatim juga sudah melakukan sebagai guru tamu. Sharing pengalaman kepada sekolah-sekolah tentang dunia perbankan. Ketiga, Bank Jatim juga siap jika ada sekolah yang menginginkan magang atau Pendidikan Sistem Ganda (PSG).

Karena Bank Jatim Pasuruan memiliki 7 cabang pembantu, 5 kantor kas, dan 4 payment point.
Lalu, keempat, Bank Jatim juga sudah membantu terwujudnya lab mini bank di SMKN Prigen. Apalagi di SMKN tersebut juga ada prodi Akuntansinya. Sehingga selaras untuk dilakukan simulasi perbankan di sekolah.