Kebanjiran, Akses Viaduk Gempol Ditutup

2448
Jalan Raya Viaduk, Gempol yang ditutup imbas banjir, Senin (2/11/2020).

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wilayah barat Kabupaten Pasuruan pontang-panting dihajar banjir kali ini. Selain permukiman, banjir juga menyeabkan akses jalan raya viaduk, Gempol ditutup.

Penutupan jalan dilakukan lantaran genangan air yang menutupi jalan raya cukup parah. Di beberapa titik, ketinggian air bahkan mencapai 30 sentimeter.

Dari Pasuruan, kendaraan yang hendak ke Sidoarjo harus putar balik melalui Bypass Gempol. Sementara dari Porong, kendaraan diarahkan lurus menuju Bundaran Apollo.

Sekitar pukul 08.30, sekitar 20 THL Dinas PU SDA TR Kabupaten Pasuruan membersihkan tumpukan sampah di dam Kali Wrati, Desa Legok, yang tepat di pinggir jalan raya.

Sampah-sampah yang menumpuk itu dinilai menjadi salah satu penyebab melubernya Kali Wrati hingga menyebabkan banjir parah di awal musim ini.

“Tidak perlu alat berat, mengerahkan 20 orang bisa. Alat berat mobilisasinya juga susah,” terang Misbah Zunib, kepala Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang saat dihubungi WartaBromo., Senin (2/11/2020).

Kendati sampah-sampah telah dibersihkan, banjir tak serta merta menyusut. Lambannya laju air di hilir Kali Wrati menjadi penyebabnya.

“Karena lambatnya air di hilir kali wratinya juga masih tinggi, sekaligus air laut masih pasang, sehingga arus air sungai lambat,” imbuhnya.

Jalan Raya Gempol, tepatnya depan viaduk lumpuh total. Beberapa sepeda dan mobil yang memaksa lewat mogok di tengah jalan. (oel/asd)