Akun Facebook Wabup Probolinggo Diduplikasi; Minta Transfer Uang

1138

Probolinggo (wartabromo.com) – Akun Facebook milik Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko diduplikasi orang tak bertanggungjawab. Akun itu bahkan meminta transfer uang ke sejumlah orang.

Wabup Timbul Prihanjoko menjelaskan duplikasi itu diketahui pada Selasa (17/11/2020) malam. Waktu itu ada rekannya tiba-tiba mempertanyakan akun facebook yang baru itu. “Saya tahunya dari orang-orang yang berteman dengan akun FB palsu itu. Mereka mengirim ke saya,” terangnya ketika dihubungi pada Rabu, 18 November 2020.

Akun itu menggunakan nama dan foto dirinya. Kemudian melalui pesan (messenger), akun palsu menuliskan kalimat permintaan transfer ke sejumlah orang, dengan alasan penggalangan dana untuk penanganan Covid-19.

“Sudah ada yang transfer melalui rekening bank sebesar Rp100 ribu. Mungkin, target atau korban yang diminta oleh pelaku dikira saya yang meminta uang itu,” kata politisi PDIP itu.

Pasca kejadian tersebut, akun FB milik Wabup Timbul yang asli, langsung update status, sampaikan klarifikasi dengan kalimat:
“Diinformasikan kepada semua, saat ini ada yang menggunakan foto dan data profil saya oleh pihak yang tidak dikenal, mohon agar tidak ditanggapi”.

Upaya tersebut dimaksudkan agar tidak banyak orang menjadi korban.
Ia mengimbau kepada masyarakat, khususnya bagi para kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemkab Probolinggo tidak menanggapi peristiwa ini. Timbul memastikan akun palsu yang sengaja menduplikat akun facebook miliknya ingin mencari keuntungan pribadi.

“Sekali lagi, saya sampaikan agar tidak menanggapi orang tak bertanggungjawab yang menduplikasi Facebook saya itu,” tandas Wakil Bupati Probolinggo 2 periode itu. (saw/ono)