Hati-hati Madu Palsu! Begini Cara Bedakannya

667

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Madu dikenal memiliki segudang khasiat bagi kesehatan. Banyaknya peminat madu, membuat oknum nakal mengambil kesempatan untuk memproduksi madu palsu.

Secara kasat mata, madu asli dan palsu tampak sulit dibedakan. Maka dari itu, konsumen harus lebih jeli ketika akan membeli madu.

Nah, untuk mengetahui mana madu asli dan mana madu palsu, bolo warmo bisa menggunakan cara-cara yang telah dirangkum dari berbagai sumber seperti berikut.

1. Ibu jari

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan meneteskan madu ke ibu jari. Jika yang diteteskan merupakan madu asli, teksturnya kental, lengket dan tidak mudah menetes. Tapi, jika madu menyebar ke permukaan lainnya, bisa jadi madunya tidak murni.

2. Air atau cuka

Selain diteteskan di ibu jari, air juga bisa jadi media. Coba tuangkan sedikit madu ke dalam air. Madu asli tidak akan mudah bercampur dengan air, melainkan mendendap di dasar gelas. Sementara madu palsu akan larut dalam air.

Selain air, bisa menggunakan sari cuka. Campurkan sedikit madu, air, dan 2-3 tetes sari cuka. Jika berbusa, kemungkinan besar madu tersebut palsu.

3. Kain putih dan kertas blotting

Kalau ada kain putih atau kertas blotting juga bisa kok digunakan untuk tes madu. Caranya, tuangkan satu sendok madu ke atas kain putih atau kertas blotting. Apabila cairan madu tidak menembus kain atau kertas, dapat dipastikan madu tersebut asli. Namun, jika madu menembus kain atau kertas, bahkan meninggalkan noda, kemungkinan madu tersebut tidak asli.

4. Dibakar

Pada dasarnya, madu mudah terbakar. Coba celupkan korek api batang ke dalam madu, kemudian nyalakan. Apabila batang korek api terbakar, maka madu tersebut asli.

5. Tes panas

Ketika madu murni dipanaskan, ia akan berubah menjadi karamel. Cara memanaskan madu ini bisa menggunakan lilin. Caranya, ambil madu menggunakan sendok, lalu panaskan di atas lilin yang menyala.

Selamat mencoba. (bel/ono)