Viral Bungkusan Berbentuk Pocong di Kuburan Sungging

6574

Kraton (WartaBromo.com) – Sebuah postingan berisi foto laki-laki dan perempuan beserta bungkusan mirip pocong viral di media sosial. Foto beserta bungkusan tersebut ditemukan di kuburan Sungging, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan.

Foto tersebut diunggah oleh akun facebook bernama Anggun Sasmitha. Tampak foto seorang perempuan dan laki-laki di atas sebuah kain berwarna putih dan 2 butir benda bulat mirip telur. Barang-barang tersebut tergeletak di atas tanah.

Dalam unggahannya, pemilik akun menyertai caption seperti ini: “Temuan di Kuburan Sunggeng, Kraton-Pasuruan. Kasian orang yang di foto itu, mungkin dalam bahaya. Posisi saya masih di kuburan. Ada 2 pocong-pocongan. Yang satune sudah tak buka. Yang satune belum. Tauviq Hidayat”

Juri kunci Kuburan Sungging, Imam Supardi (65) membenarkan adanya temuan barang-barang aneh tersebut. Ia mengatakan, barang-barang tersebut ditemukan pada hari Kamis (17/12/2020).

“Malam Jumat kemarin itu. Sore hari pas ada keluarga ahli kubur bersih-bersih,” kata Imam Supardi kepada WartaBromo.

Ia tidak bisa memastikan siapa yang meletakkan benda-benda itu dan apa tujuannya meletakkan benda-benda itu. Namun jika dilihat dari bentuk barang-barangnya, kata Imam Supardi, diduga itu bentuk ilmu guna-guna atau ilmu pelet.

Temuan barang-barang aneh itu, lanjut Imam Supardi, memang menggegerkan warga sekitar pada waktu itu. Namun kini barang-barang aneh tersebut telah dibersihkan dari komplek pemakaman. “Baru kali ini ada kejadian seperti ini selama 40 tahun saya jaga makam,” imbuh Imam Supardi. (tof/may)