Jadi Menag, Gus Yaqut: Innalillahi wa innailaihi rojiun

3113

Jakarta (WartaBromo.com) – Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agama (Menag). Ia menggantikan kedudukan Fachrul Razi.

Usai dilantik, Yaqut Cholil Qoumas atau biasa disebut Gus Yaqut ini memberikan pernyataan pers di Istana Jakarta pada, Selasa (22/12/2020). Dalam pernyataannya, Gus Yaqut justru mengucapkan kata “Innalillahi wa inailaihi rojiun”

Ia menyatakan, jika sebelummya tak pernah memimpikan menjadi menteri agama. Namun, setelah menerima amanah kursi kepemimpinan ini, Gus Yaqut bertekad mewakafkan seluruh hidup untuk bangsa dan negara terutama soal agama.

“Setelah nanti resmi menjadi menag, hal pertama yang ingin saya lakukan adalah menjadikan agama sebagai inspirasi, bukan aspirasi,” kata alumnus Fisip UI itu.

Menurutnya, agama jadi lebih baik apabila dibiarkan untuk menjadi inspirasi dan membawa nilai kebaikan dan kedamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Artinya apa, bahwa agama sebisa mungkin tidak lagi digunakan menjadi alat politik, baik untuk menentang pemerintah maupun merebut kekuasaan atau mungkin untuk tujuan-tujuan yang lain,” imbuhnya.

Hal lain yang dituturkan Yaqut adalah soal pentingnya meningkatkan ukhuwah wathoniah dan ukhuwah basyariah, serta memajukan pendidikan agama di lingkungan kementrian agama. Hal ini kelak akan diwujudkannya guna melahirkan kader terbaik bangsa dari pesantren.

“Terakhir mohon doa restu kepada seluruh rakyat Indonesia agar bisa melaksanakan amanah ini sebaik-baiknya. Istikomah dalam kebaikan dan membuat kemajuan bagi bangsa dan negara,” tutupnya. (trj/ono)