5 Camilan Anti Melar Minim Lemak untuk Menemani Weekend

832
Ilustrasi makanan diet rendah lemak. Foto: Pixabay

Pasuruan (WartaBromo.com) – Memasuki weekend, kebanyakan orang berburu menyiapkan camilan untuk menemani waktu santai. Namun, tanpa disadari makanan sampingan cenderung mengandung lemak jahat yang bisa membuat tubuh melebar.

Apalagi bagi yang sedang menjalani kiat diet demi menjaga postur tubuh tetap ideal. Kebanyakan orang yang diet enggan mengkonsumsi camilan karena dianggap bisa mengagalkan usahanya untuk diet.

Eits, jangan salah! Dilansir dari health.detik.com ada 5 camilan sehat, minim lemak dan mengenyangkan yang tidak membuat tubuh menjadi melar. Apa saja? Simak, yuk!

1. Popcorn Homade

Camilan ringan yang paling cocok dikunyah saat duduk santai di hari weekend adalah popcorn. Tapi, jangan membeli popcorn di pasaran yang banyak mengandung lelehan karamel. Sebab popcorn tersebut mengandung lemak tinggi.

Baiknya, buat saja popcorn sendiri di rumah dengan bahan-bahan rendah lemak. Tidak hanya itu, bisa juga membeli popcorn mentah yang memiliki label rendah lemak tanpa rasa. Hindari memasak popcorn dengan mentega dan jangan menambah karamel.

2. Kacang Kedelai dan Edamame

Makanan ringan yang mudah dibawa ke mana-mana dan cocok dijadikan santapan saat santai adalah kacang kedelai dan edamame. Camilan ini kaya akan protein dan serat.

Namun, bagi yang benar-benar ingin melangsungkan program diet sebaiknya makan saja kacang almon. Mengapa? Karena kacang ini mampu menstabilkan gula darah dan membuat cepat kenyang.

3. Oatmeal

Tak banyak yang menyadari bahwa oatmeal mampu membuat perut terasa cepat kenyang. Oatmeal memiliki kandungan serat tinggi dan sangat mampu menyerap cairan berlebih dalam tubuh.

Disarankan mengkonsumsi oatmeal tanpa gula untuk menghindari penimbunan lemak. Sebaiknya, campurkan oatmeal dengan susu skim agar semakin kenyang.

4. Puding

Tekstur kenyal nan lembut yang dihasilkan puding pasti akan memanjakan lidah, apalagi jika disantap di saat santai. Tapi, apakah puding aman dikonsumsi terus menerus?

Tentu saja, bahkan seseorang yang mengkonsumsi puding terus menerus akan mengalami penurunan berat badan teratur. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam puding mampu membantu perut terasa lebih kenyang.

5. Smoothies Pisang

Apakah camilan anti melar hanya berupa makanan? Tentu tidak! Bagi yang ingin bersantai menikmati hari libur sembari menyeruput sesuatu, maka smoothies pisang adalah rekomendasi camilan terbaik.

Smoothies pisang memang dikategorikan sebagai minuman sekaligus makanan ringan. Sebab memiliki tekstur kental, serta rendah lemak sehingga dijamin tidak akan membuat tubuh melar sekalipun dikonsumsi jangka panjang. (trj/may)