Aduh! Gara-Gara Viral, 4 Tempat Wisata Ini Rusak

3269
Ranu Manduro. Foto: Detik

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mendapatkan predikat “viral” di media sosial, ternyata tidak serta merta membawa keberuntungan. Lebih lagi bagi tempat wisata yang mulanya indah, kini menjadi memprihatinkan.

Tempat wisata yang memiliki pemandangan indah memang sangat diminati wisatawan. Bahkan, sekarang begitu banyak orang berlomba memberitahukan keberadaan tempat wisata yang pemandangannya bagus digunakan untuk berfoto.

Sayangnya, ada lima tempat wisata yang rusak setelah diviralkan. Padahal, pihak pengelola sudah merawat dan menyusun view terbaik agar semakin diminati wisatawan.

Dinukil dari kompas.com, ada 4 tempat wisata yang rusak setelah virall. Apa saja? Ini dia!

1. Gililawa, Nusa Tenggara Timur

Puncak Gililawa di Nusa Tenggara Timur ini terkenal dengan pesona keindahannya kala matahari terbit dan terbenam. Tidak sedikit wisatawan yang datang untuk menikmati momen keindahan alam di Gililawa.

Sayangnya, kini Gililawa tak seindah dulu pasca mengalami kebakaran. Kejadian tersebut diduga disebabkan ulah wisatawan yang membuang putung rokok sembarangan. Sehingga, 10 hektar spot favorit wisatawan hangus dilahap si jago merah.

2. Negeri di Atas Awan, Banten

Membludaknya pengunjung pasca viral yang terjadi di Negeri di atas awan, Banten ini menimbulkan kerusakan parah. Belum lagi, tebaran debu yang disebabkan macet membuat warga sekitar mengeluh.

Menanggapi hal itu, pemerintah Banten akhirnya memutuskan untuk menutup sementara objek wisata tersebut. Lalu, akan dibuka lagi setelah proyek pengerjaan jalan selesai agar tidak ada debu yang bertebaran lagi.

3. Amaryllis Garden, Yogyakarta

Amaryllis Garden yang ada di Yogyakarta ini terkenal dengan keindahan bunganya. Oleh sebab itu, tak heran jika tempat wisata ini mendadak viral di media sosial.

Naasnya, setelah viral Amaryllis Garden menjadi rusak parah. Banyak bunga yang patah sebab dipetik dan diinjak oleh wisatawan tak bertanggung jawab.

4. Gunung Rinjani

Sejak dahulu, Gunung Rinjani memang terkenal dengan keindahan kawahnya jika difoto dari kejauhan. Pasca diviralkan, banyak wisatawan yang datang.

Akan tetapi, wisatawan yang datang sebagian besar menyepelekan kebersihan di sekitar gunung. Sehingga, didapati kasus rekapitulasi sampah di Gunung Rinjani semakin meningkat.

Atas kejadian ini, pemerintah menghimbau agar wisawatan memiliki kesadaran diri untuk menjaga kebersihan alam. Terutama saat berkunjung ke tempat wisata. (trj/may)