Sebelum Tumbang, Pohon Ikon Alun-alun Lumajang Sempat Dapat Perawatan Khusus

9543

Lumajang (WartaBromo.com) – Pohon beringin berusia ratusan tahun di Alun-alun Lumajang tumbang, Minggu (17/1/2021). Sebelum tumbang, pohon tua ini sempat diberi perawatan khusus.

Hal ini diungkap oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati. Ia menyebut, pohon sudah mulai keropos dan dalam kondisi yang tidak baik.

“Perlakuan kami sudah maksimal, begitu daun mengering kelihatan kurang tumbuh bagus kami sudah lakukan upaya. Salah satunya membongkar semen yang ada di bawah pohon beringin, kami berikan pupuk diperlakuan supaya air bisa masuk,” katanya saat dikonfirmasi WartaBromo.

Ungkapan ini diperkuat oleh Indah Amperawati, Wakil Bupati Lumajang. Bahkan, Bunda Indah -sapaan akrabnya- menyebut, pohon beringin ini sudah jadi perhatian sejak dirinya dilantik pada tiga tahun lalu.

“Percaya atau tidak, ketika apel pertama di Alun-alun setelah kami dilantik, Cak Thoriq bilang : eman ya bunda beringin ini sepertinya tidak sehat, harus kita selamatkan. Iyo cak, beringin ini penanda dan ikon Alun-alun ini. Dan saat ini kami gagal menyelamatkannya,” jelas Bunda Indah.

Sekadar diketahui, pohon beringin ini sudah berusia ratusan tahun. Bahkan dalam catatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pohon sudah berdiri sejak tahun 1880-an. (rul/may/ono)