Pohon Beringin Ikon Alun-alun Lumajang Tumbang, Bunda Indah: Kami Gagal Menyelamatkannya

2710

Lumajang (WartaBromo.com) – Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati meminta maaf terkait tumbangnya pohon beringin ikon Alun-alun Lumajang. Pemerintah mengaku telah lalai dalam perawatan pohon ini.

“Beringin Alun-alun Lumajang sore ini tumbang, saya dan cak Thoriq minta maaf kepada masyarakat Lumajang,” tulis Bunda Indah melalui akun Facebook pribadinya.

Bunda Indah menuturkan, pasca dilantik dirinya bersama Bupati Lumajang, Thoriqul Haq sudah menyoroti kondisi pohon beringin yang ada di tengah Alun-alun Lumajang tersebut. Pada saat itu, kondisi pohon beringin sudah nampak kering dan tidak sehat. Sehingga timbul keprihatinan dan keinginan untuk mengembalikan kondisi seperti semula.

“Percaya atau tidak, ketika apel pertama di Alun-alun setelah kami dilantik, Cak Thoriq bilang : eman ya bunda beringin ini sepertinya tidak sehat, harus kita selamatkan. Iyo cak, beringin ini penanda dan ikon Alun-alun ini. Dan saat ini kami gagal menyelamatkannya,” tambahnya.

Bunda Indah menambahkan, selain menjadi ikon Alun-alun Lumajang, pohon beringin tersebut menyimpan banyak kenangan. Baikuntuk dirinya maupun untuk warga Lumajang lainnya.

Bunda Indah mengebut banyak warga menyampaikan komentarnya melalui pesan Whatsapp. Ada yang sedih, mengingat masa lalu, bahkan ada yang sampai meramalkan tanda pohon beringin tersebut tumbang.

Diketahui pohon beringin ini sudah berusia ratusan tahun. Bahkan dalam catatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pohon sudah berdiri sejak tahun 1880-an.

Tumbangnya pohon disebut murni karena faktor alam. Di antaranya telah rusaknya kondisi pohon beringin ini. (rul/may)