Mensos Ingatkan Lumajang Punya Cadangan Makanan untuk Waspadai Bencana

966
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat berkunjung ke Lumajang untuk memantau kondisi warga terdampak Semeru. Foto: Dok. Kominfo Lumajang.

Lumajang (WartaBromo.com) – Menteri Sosial, Tri Rismaharini ingatkan Pemerintah Kabupaten Lumajang mempersiapkan bahan pokok. Hal ini sebagai upaya untuk siaga bencana.

Usulan ini diberikan saat Risma berkunjung ke Lumajang pada Senin (18/1/2021) malam. Kedatangan Risma ini sedianya untuk mengunjungi warga terdampak awan panas Semeru. Namun karenca cuaca buruk di lokasi kunjungan, maka Ia menitipkan bantuan melalui Bupati Lumajang.

“Pemerintah daerah harus siap menghadapi kemungkinan bencana di daerahnya, karena kita tak pernah tahu akan terjadi apa,” ujar Mantan Walikota Surabaya itu.

Kesiapan ini kata Risma dalam bentuk cadangan makanan yang aman. Bahkan kebutuhan ini dinilai wajib dipunyai Pemda.

“Minimal makanan, atau kalau perlu beras saja tidak apa-apa, yang penting harus siap,” tandasnya.

Selain diminta menyediakan bahan makanan, Pemkab kata Risma harus memiliki alat berat. Peralatan ini sebagai upaya mempecepat penanganan, jika sewaktu-waktu lahar dingin atau bencana lain melanda.

Baca juga: Cuaca Buruk, Mensos Risma Batal Kunjungi Warga Terdampak Erupsi Semeru

Sementara itu, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyampaikan bahwa Pemerintah daerah akan mendirikan posko darurat bencana. Sebab ada potensi bencana ketika hujan turun dengan intensitas tinggi dan membawa material panas sisa erupsi yang mengendap.

“Apabila intensitas hujan tersebut besar, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi guguran awan panas lagi. Tumpukan material yang masih menumpuk sewaktu waktu bisa diterjang lahar dingin,” terangnya. (rul/may/ono)