Warga Kepulungan Temukan Sumber Air Panas, Jadi Wisata Desa Dadakan

5211

Gempol (wartabromo.com) – Sebuah sumber air panas ditemukan di Dusun Gondang, Desa Kepulungan, Gempol, Kabupaten Pasuruan. Sumber air panas ini mendadak jadi jujukan warga dan berpotensi jadi tempat wisata.

Kepala Desa Kepulungan Didik Hartono menjelaskan, sebelumnya di daerahnya ada sumber air panas yang sudah sejak zaman Belanda. Lokasinya berada di timur makam Mbah Kiai Mustaqim di Dusun Arcopodo, Desa Kepulungan. Namun, sayangnya sumber itu telah tiada.

Kemudian ia bersama warga mencoba mencari lagi sumber air panas tersebut. Mereka kemudian menyusuri sebagian tempat yang ada di Desa. Akhirnya, tiga hari yang lalu ditemukan sumber air panas tersebut.

“Tiga hari yang lalu, kami berhasil menemukan sumber itu di lokasi Tanah Kas Desa (TKD). Allhamdulillah, airnya panas dan banyak sekali,” kata Didik, Senin (25/01/2021).

Berbeda dengan sumber yang lama, sumber air panas tersebut tak jauh dari pemukiman Dusun Gondang. Lokasinya dekat dengan jalan raya Surabaya-Malang dengan jarak hanya 500 meter dari jalan raya.

Didik mengatakan, penemuan sumber ini adalah berkah. Ia menyebut, ini bisa menjadi potensi wisata yang dimiliki desa Kepulungan.

“Tentunya kami akan uji kelayakan lebih dulu. Kami akan lab air ini. Jika memang aman, kami akan eksplorasi dan kembangkan ini jadi wisata,” tandasnya.

Sementara itu, pihaknya sudah membuka untuk masyarakat umum yang mau mandi. Dihimbau tidak perlu takut dan khawatir. Sebab, airnya bersih, hangat dan alami sekali. Dengan suhu airnya diperkirakan 40 derajat celsius.

Untuk memudahkan masyarakat mandi, air dari sumber tersebut sudah disalurkan ke pipa-pipa kecil agar masyarakat nyaman jika mandi.

“Sementara belum ada tiket masuk. Akan tetapi, jika memang memungkinkan, kami akan kembangkan kawasan ini sebagai kawasan wisata,” katanya.

Candra, warga setempat yang mengaku sudah merasakan khasiat mandi di sumber air panas ini menyebutkan air panas bisa menghilangkan pegal-pegal.

“Sudah mandi, rasanya enak dan menghilangkan pegal,” tuturnya. (don/may)

Simak videonya: