Keberangkatan Haji Belum Pasti, Dua Jamaah Tarik BPIH

2110

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Calon Jamaah Haji (CJH) masih menunggu regulasi dari pusat terkait pemberangkatan haji tahun 2021. Akibatnya, dua jamaah menarik Biaya Pelunasan Ibadah Haji (BPIH).

Munif, Plt Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pasuruan menjelaskan, keberangkatan CJH tahun ini masih belum bisa dipastikan keberangkatannya. Namun, sejak awal pandemi sudah ada calon jamaah yang menarik BPIH.

“Iya sejak awal pandemi, sudah ada dua jamaah yang menarik biaya haji,” ungkap Munif saat ditemui wartabromo.com di kantornya.

Ada 214 CJH asal Kota Pasuruan yang siap diberangkatkan pada tahun 2021 ini, termasuk dua jamaah yang sudah menarik biaya haji. Sejumlah alasan pun diungkapkan oleh Munif terkait penarikan BPIH tersebut.

Baca Juga :   Trailer dan Pikap Nyemplung Kali, Ini Identitas Korban Meninggal

“Ada yang menarik karena faktor pinjaman jamaah, dan juga memang faktor usia,” lanjutnya.

Baca juga: Calon Haji Batalkan Keberangkatan Apakah Bisa Digantikan? Ini Penjelasan Kemenag

Pendaftaran calon jamaah haji tahun ini masih cukup tinggi. Tiap bulan masih ada sekitar 5 orang yang mendaftarkan diri untuk berangkat ke tanah suci mekkah. Tercatat, sudah ada jamaah yang akan berakangkat pada tahun 2045. Rata-rata pendaftar adalah yang masih baru mempunyai KTP.

“Ini sudah ada yang menunggu sampai 2045,” katanya.

Sesuai dengan arahan pusat, Kemenag Kota Pasuruan sudah menyiapkan beberapa skema terkait protokol kesehatan. Apabila calon jamaah haji sudah bisa dipastikan keberangkatannya tahun ini. (don/may)