Kandang Ternak yang Terbakar Diduga Akibat Korsleting

757

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebuah peternakan ayam di Desa Jatigunting, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan terbakar pada Kamis (11/02/2021). Penyebabnya diduga dari korsleting listrik.

Rusdi, penjaga keamanan setempat menceritakan, ketika peristiwa terjadi pegawai peternakan sudah mulai bekerja. Saat itu mereka melihat percikan api.

Api itu kemudian tiba-tiba membesar dan makin membesar hingga melahap kandang ayam tersebut. Dikatakan Rusdi, api mula-mula terlihat di kabel tengah kandang.

“Memang dari kabel. Karena tidak ada mesin,” kata Rusdi.

Sementara itu Kasat Pol PP Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana membeberkan, kandang tersebut kosong dan dalam proses pembersihan karena dalam waktu dekat akan diisi ayam.

Menurut Bakti, berdasar informasi yang dihimpun anggotanya di lapangan di dalam kandang tersebut terdapat banyak sekam, sehingga ketika tersambar, api cepat merambat ke berbagai sudut.

Dua mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk memadamkan si jago merah tersebut. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB baru bisa dipadamkan pada pukul 13.30 WIB.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” ujar Bakti.

Sebagaimana diketahui, kandang ayam yang berdiri di lahan seluas 150X35 meter itu terbakar pada pagi tadi. Dalam video yang didapat WartaBromo, tampak api begitu besar dan mengepulkan asap hitam pekat ke langit.

Beruntung letak kandang ayam tersebut cukup berjarak dari pemukiman, sehingga tak sampai merambat ke rumah warga. (tof/asd)