Rekrutmen CPNS 2021 Segera Dibuka, Simak Jadwal dan Formasinya

1715
Ilustrasi CPNS.

 

Jakarta (WartaBromo.com) – Pemerintah akan membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 pada April mendatang. Sebanyak 1,3 juta formasi disiapkan dalam rekrutmen ini.

Teguh Widjinarko, Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), formasi CPNS akan ditentukan pada Maret mendatang. Waktu tersebut sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP).

“Jadi mau tidak mau kita harus memenuhi jadwal tersebut. Kecuali jika ada hal lain yang menjadi pertimbangan pemerintah,” terangnya dinukil dari Liputan6.

Nah, tahun ini rencananya ada 1,3 juta formasi yang dibuka. Sebanyak 1 juta formasi guru PPPK yang baru saja diputuskan beberapa waktu lalu. Kemudian 189 ribu formasi CPNS yang terdiri dari 70 ribu PPPK untuk tenaga fungsional dan 119 ribu jabatan teknis termasuk tenaga kesehatan.

Dilanjutkan Teguh, setelah menetapkan formasi, maka proses pendaftaran bakal dibuka mulai April-Mei 2021. Lalu di bulan berikutnya yakni Juni, seleksi CPNS bakal dilakukan.

“Rincian angka detailnya akan diumumkan kemudian,” tutupnya.

Saat ini pihaknya masih menunggu pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Negara. Sebab untuk anggaran, telah mendapat persetujuan oleh Menteri Keuangan. (may/ono)