Remaja Tertarik Main Tinder? Ini yang Perlu Bunda Lakukan!

611

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Tinder menjadi salah satu aplikasi yang banyak diakses masyarakat. Tak hanya orang dewasa, remaja dan anak-anak pun kian tertarik memainkan aplikasi untuk mencari teman kencan secara online ini.

Adanya fitur berkenalan dan chatting dengan lawan jenis, membuat Tinder banyak digemari. Umumnya, aplikasi ini dikhususkan untuk orang dewasa yang ingin mencari teman atau pasangan.

Sayangnya, sekarang remaja dan anak-anak bisa memanipulasi usia menjadi di atas 18 tahun demi bisa mengakses Tinder. Padahal, sebagaimana diketahui, aplikasi kencan online ini masih menuai kontroversi.

Sebagai orang tua, tentu harus mawas diri dan memperhatikan anak-anak, terutama saat anak mereka berusia remaja. Lantas, apa yang harus bunda lakukan?

Dinukil dari sehatq.com, adapun yang harus dilakukan bunda saat mengetahui anak tertarik main Tinder adalah sebagai berikut:

1. Jalin Komunikasi Kuat dengan Anak

Hal pertama yang bisa bunda lakukan adalah menjalin komunikasi dengan anak. Diskusikan mengenai bahanya menggunakan Tinder dan berbagai resikonya.

Saat melakukan hal ini, jangan terburu menghakimi anak. Apalagi saat anak berusia remaja, kebanyakan pasti akan ada perbedaan pendapat.

Oleh karena itu, sebagai seorang ibu yang berperan penting mendidik anak gunakan bahasa yang santai. Posisikan diri sebagai teman bicara yang baik.

2. Paparkan Analogi yang Mudah Dimengerti

Saar melakukan komunikasi, usahakan untuk memaparkan analogi yang mudah dimengerti. Salah satu cara mudahnya adalah dengan menggunakan contoh dari berbagai kasus terbaru.

Misalnya mengangkat kasus @aliskamugemas yang tengah ramai diperbincangkan media di awal tahun 2021.

3. Berikan Kesempatan pada Anak Untuk Mengungkapkan Aplikasi Tinder

Hal berikutnya adalah dengan memberikan kesempatan anak untuk mengutarakan pendapat mengenai aplikasi Tinder. Biarkan anak menceritakan pengalamannya saat menggunakan Tinder.

Setelah selesai, bunda baru bisa mengambil jalan tengah. Berikan batasan dan arahan saat anak menggunakan aplikasi ini.

Ketiga hal di atas sangat perlu bunda lakukan untuk menghindari ancaman predator. Mengingat, remaja jaman tidak bisa terlalu dipaksa atau terlalu dibebaskan. (trj/may)