Warga Sapikerep Temukan Dugaan Benda Peninggalan Majapahit

1211
Susunan batu diduga peninggalan Majapahit.

 

Sukapura (wartabromo.com) – Warga Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, temukan pondasi bangunan prasejarah. Diduga, struktur bangunan itu merupakan peninggalan jaman Majapahit.

Tempat penemuan pondasi struktur bangunan prasejarah itu, berada di lokasi wisata petik strawberry, tepatnya di sebelah barat Balai Desa Sapikerep. Untuk menjangkaunya dari jalan raya pun relative dekat. Cukup melewati jalan desa setempat.

Penemuan struktur bangunan prasejarah itupun secara tidak sengaja. Bermula ketika pemerintah desa setempat berniat mengembangkan kawasan wisata strawberry. Ditengah pembangunan sejumlah fasilitas itu, cangkul warga berbenturan dengan sesuatu. Setelah ditelusuri, ternyata susunan batu yang sangat rapi.

“Karena curiga, akhirnya warga terus membersihkan kawasan itu dari tanah yang menutup batu,” kata perangkat desa setempat, Gatot, Kamis (18/2/2021).

Warga pun melapor pada pihak desa, serta melakukan pembersihan dan penelusuran pada struktur batu tersebut. Tak disangka, warga juga menemukan benda yang diduga prasasti, berupa sebuah bangunan berbentuk kotak.

Gatot bilang, dugaan sementara barang itu merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Karena jauh sebelumnya, warga juga menemukan koin dan arca di Kawasan tersebut.

“Sejauh ini kondisinya masih di tempat semula. Warga tidak berani mengubah bentuknya. Hanya kami bersihkan saja,” sambung Gatot.

Lebih lanjut, pihak desa berencana untuk melaporkan temuan itu ke Balai Cagar Budaya di Mojokerto. Tidak menutup kemungkinan, kawasan tersebut masih menyimpan aneka benda peninggalan masa lalu. Khususnya dari masa Kerajaan Majapahit.

Seperti diketahui, daerah Lereng Bromo sendiri, merupakan salah satu Kawasan yang sudah ada sejak dahulu kala. Tak hanya Majapahit, jejak peninggalan Belanda pun, ada di sekitar Kecamatan Sukapura ini. (lai/saw)