Kabar Segar, Akan Ada 10 Titik Ruang Terbuka Hijau Baru di Kabupaten Pasuruan

467

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemeritah Kabupaten Pasuruan berencana menambah jumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH). Sebab di Kabupaten Pasuruan, luasan RTH masih belum ideal yakni di bawah 20% dari total luas wilayah.

“Sedangkan idealnya adalah 20% dari total wilayah. Maka dari itu, kami berencana menambah jumlah RTH di beberapa lokasi,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan, Heru Farianto.

Dalam rencana, akan ada 10 titik RTH baru di 5 Kecamatan. Yakni di Prigen, Kejayan, Rejoso, Pandaan dan Gondangwetan. Dibutuhkan setidaknya Rp 2 Milyar untuk membangun RTH ini.

“Kalau dikalkulasikan, memang tidak besar untuk penambahan 10 lokasi RTH. Tapi ini adalah rencana kami agar semakin banyak RTH karena fungsinya yang sangat penting,” tegasnya.

Lokasi yang telah ditentukan itu sebelumnya telah melalui tahap survei pada tahun lalu. Skema pembangunannya yakni penunjukan langsung. Sebab, tiap titik anggarannya tak terlalu besar.

“Sekarang masih dalam proses perencanaan. Setelah selesai, baru realisasinya dilakukan. Kami jadwalkan setelah Lebaran pembangunannya,” jelas Heru.

Sekadar diketahui, luasan RTH di Kabupaten Pasuruan yakni sekitar 28 ribu hektar. Jumlah ini tak sampai 20% dari luasan wilayah yang mencapai 144 rbu hektar. Padahal sebagaimana fungsinya, RTH merupakan paru-paru kota.

“Tumbuhan dan tanaman hijau dapat menyerap kadar karbondioksida (CO2), menambah oksigen, menurunkan suhu dengan keteduhan dan kesejukan tanaman, menjadi area resapan air, serta meredam kebisingan. Banyak sekali fungsinya,” ucap pria yang sebelumnya menjabat Camat Pasrepan itu. (mil/may)