Overload 400 Persen, Lapas IIB Pasuruan Akan Direlokasi

654

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kapasitas Lapas IIB Pasuruan dinilai sudah overload 400 persen. Untuk itu, rencananya lapas yang berada di tengah kota ini akan direlokasi.

Hal ini diungkapkan oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Rencana pemindahan lapas ini, sudah dibicarakan dengan Menko Polhukan, Mahfud MD.

Pertimbangan yang disampaikan Gus Ipul kepada Mahfud MD salah satunya ialah kondisi lapas yang sudah overload. Narapidana yang menghuni lapas melebihi dari kapasitas bangunan.

Selain itu, Gus Ipul juga menyampaikan bahwa Kota Pasuruan membutuhkan panti rehabilitasi yang nantinya akan melibatkan NU dan pesantren dan terintegrasi dengan lapas.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur tersebut menambahkan, dalam waktu dekat, tim dari Kemenkeu dan Kemenkum HAM akan ke Kota Pasuruan untuk mendalami rencana relokasi lapas ini.

“Pemkot sudah punya gambaran lokasi yang bisa menjadi lahan pembangunan lapas. Dua di antaranya di Kepel dan Bakalan,” imbuh Gus Ipul.

Sementara itu, Kepala Lapas IIB Pasuruan, Yogha Aditya Ruswanto membenarkan jika saat ini Lapas IIB sudah overload. Untuk itu, ia menyambut baik apa yang digagas oleh wali kota.

“Kapasitas hanya 280, hari ini diisi 836. Jadi over kapasitas 400 persen. Katanya beliau punya kebijakan mau direlokasi,” singkat Yogha. (tof/may)