Sidak di Pasar Bangil, Satgas Pangan Pastikan Stok Aman

529
Tim Satgas Pangan saat menggelar sidak di Pasar Bangil, Rabu (21/4/2021) lalumalam. Foto: Miftahul Ulum.

 

Bangil (WartaBromo.com) – Satgas Pangan Kabupaten Pasuruan menggelar sidak di Pasar Bangil. Di pekan kedua Ramadan ini, Satgas Pangan memastikan ketersediaan pangan selama Ramadan aman.

Sejumlah pedagang dimintai keterangan petugas gabungan dari Satgas. Terkait harga sejumlah barang pokok dan ketersediaannya.

Kasi Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Kabupaten Pasuruan Absanul Rifai mengatakan, secara umum kondisi pangan di Pasar Bangil aman. Hanya saja, terdapat kenaikan harga untuk beberapa item komoditi.

“Sekarang kondisi di pasar normal, ada kenaikan harga telur, memang telur hampir setiap hari mengalami kenaikan, pasokannya aman, tapi karena permintaanya meningkat jadi ada kenaikan,” kata Rifai, usai menggelar sidak, Rabu (21/4/2021) pagi.

Sama halnya dengan telur, daging ayam ras juga mengalami kenaikan. Biasanya, kata Rifai di kisaran harga Rp 35 ribu, bisa mencapai Rp 40 ribu. Kendati demikian, menurutnya, tidak terjadi kelangkaan pada dua komoditi tersebut.

Lain halnya dengan telur dan daging ayam, untum cabai justru mengalami penurunan harga. Lantaran, pada bulan April ini, sebagian besar petani cabai tengah panen.

“Karena kemarin sempat terjadi kelangkaan, jadi petani-petani cabai menanam, nah sekarang panen besar untuk petani cabai baik di Kabupaten Pasuruan maupun di Jawa Timur. Yang dulunya di kisaran Rp 105-110 ribu per kilo, sekarang Rp 50-55 ribu,” bebernya.

Guna mengantisipasi jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, pihaknya bersama Satgas Pangan akan terus memantau pergerakan barang-barang pokok di pasaran.

“Kami terus pantau dan monitor bersama Satgas Pangan, jangan sampai harga-harga barang pokok di Kabupaten Pasuruan naik,” pungkasnya.

Dari informasi yang didapat dari sejumlah pedagang, berikut harga barang pokok di Pasar Bangil per hari ini dalam satuan kilo dan liter.

Beras IR 64 Rp 10 ribu, Minyak Rp 15 ribu per liter, gula Rp 12.500, daging ayam Rp 40 ribu, daging sapi Rp 100-110 ribu, cabe rawit Rp 50-55 ribu telur ayam ras Rp 25 ribu. (oel/asd)

Simak videonya: